La Vuelta a Espana 2020 - Etape 8
Roglic Taklukkan Carapaz di Moncalvillo
by - October 28, 2020

Primoz Roglic (Jumbo-Visma) membungkam kririk dengan tampil hebat di Etape 8 La Vuelta a Espana 2020, Rabu (28/10) malam. Rider asal Slovenia itu mengalahkan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) di tanjakan Alto de Moncalvillo.

Ini adalah mountain stage pertama di pekan kedua La Vuelta. Jaraknya 164 kilometer. Pembalap berangkat dari Logrono menuju puncak Alto de Moncalvillo, tanjakan Kategori 1 yang memiliki gradien 7,6 persen dengan panjang 11,3 kilometer.

Sebelum balapan dimulai, Jumbo-Visma harus kehilangan salah satu tim sukses Roglic di Tour de France 2020, Tom Dumoulin. Dumoulin sebenarnya ditunjuk sebagai leader bersama Roglic. Sayang ia meredup di Spanyol. Pembalap 29 tahun itu bahkan tidak pernah finis sepuluh besar.

Roglic menjadi leader tunggal Jumbo-Visma setelah Dumoulin memutuskan mundur dari La Vuelta

Eks pembalap Team Sunweb itu berada di posisi ke-53 di general classification (GC) seusai Etape 7 kemarin. Ia terpaut gap lebh dari 42 menit dari Carapaz. Dumoulin akhirnya memutuskan mundur sebelum dimulainya Etape 8.

"Pada awal Vuelta saya sudah merasa lelah dan perasaan itu tetap ada. Tidak masuk akal bagi saya untuk melanjutkan balapan ini. Dengan Primoz kami berada dalam kondisi yang baik dalam GC. Semoga tim bisa membawa pulang kemenangan," tulis Dumoulin di akun Twitter-nya.

MundurnyaDumoulin tidak menjadi soal untuk Roglic. Ia justru menggila setelah dikritik karena tercecer di Etape 6. Rider 30 tahun berduel lawan Carapaz menuju puncak Alto de Moncalvillo. Carapaz tidak dapat merespons saat Roglic bermanuver di 750 meter tersisa. Roglic memenangkan etape ini dengan keunggulan 13 detik atas rivalnya itu.

"Saya selalu ingin menang. Sekecil apa pun peluangnya saya pasti akan mengambilnya," ucap Roglic seusai balapan.

Etape 8 dibuka dengan aksi breakaway oleh tujuh pembalap. Rémi Cavagna (Deceuninck-QuickStep) termasuk di dalamnya. Namun satu per satu dari mereka tercecer di tengah perjalanan. Mereka akhirnya tertangkap peloton di 8 kilometer menjelang finis.

Kemudian para pembalap unggulan saling bermanuver di sisa 5 kilometer. Lalu Aleksandr Vlasov (Astana) memimpin sendirian di depan di 2 kilometer terakhir. Roglic berupaya mengejar bersama Carapaz.



Setelah Vlasov terlampaui, Roglic dan Carapaz berduel menuju finis. Carapaz mencoba untuk jadi yang terbaik, tapi Roglic mampu membalasnya. Roglic melancarkan serangan di 750 meter tersisa. Ia tak terkejar hingga finis pertama di Etape 8 ini.

"Ini adalah balapan yang sangat sulit, untungnya sata masih punya tenaga untuk menyelesaikannya dengan kemenangan. Senang bisa memangkas jarak, tapi yang terpenting senang bisa menang lagi," ungkapnya.

Setelah habis-habisan menanjak di Alto de Moncalvillo, para pembalap unggulan bisa bersantai sejenak di Etape 9, Kamis (29/10). Dengan rute flat sepanjang 157.7 kilometer, Etape 9 akan menjadi panggung unjuk gigi para sprinter. (mainsepeda)

Hasil Etape 8 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 4 jam 7 menit 8 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +13
3. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +19
4. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana +25
5. Hugh Carthy (Inggris), EF Pro Cycling +33
6. Wout Poels (Belanda), Bahrain McLaren +35
7. Enric Mas (Spanyol), Movistar +54
8. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +54
9. Esteban Chaves (Kolombia), Mitchelton-Scott +1:33
10. Clément Champoussin (Prancis), AG2R La Mondiale +1:37

General Classification usai 8 etape dari 18 etape (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 32 jam 31 menit 6 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +13
3. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +28
4. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +44
5. Enric Mas (Spanyol) Movistar +1:54
6. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +3:28
7. Esteban Chaves (Colombia), Mitchelton-Scott +3:28
8. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +3:35
9. Marc Soler (Spanyol), Movistar +3:40
10. Wout Poels (Belanda), Bahrain McLaren +3:47

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 20

Foto: Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS