La Vuelta a Espana 2020 - Etape 6
Ion Izaguirre Menang, Carapaz Rebut Red Jersey
by - October 25, 2020

Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) menutup pekan pertama La Vuelta a Espana 2020 dengan sempurna. Ia berhasil mengkudeta Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dari puncak general classification (GC). Sementara Etape 6 sukses dimenangkan rider tuan rumah Ion Izaguirre (Astana).

Etape 6 menyajukan balapan sejauh 146,4 kilometer. Start dari Biescas dan finis di puncak Aramón Formigal. Ini adalah tanjakan Kategori 1 yang memiliki panjang 14,6 kilometer dengan gradien 4,6 persen. Di sinilah dominasi Roglic diruntuhkan oleh Carapaz.

Rémi Cavagna (Deceuninck-QuickStep) langsung tancap gas sejak awal etape. Mulanya ia meninggalkan peleton bersama dua lainya. Kemudian mereka ditangkap oleh belasan pembalap di kelompok pengejar. Jadilah 23 pembalap bersatu dalam grup breakaway.

Mereka mereka melangkah jauh dari peloton. Bahkan terpaut lebih dari empat menit sebelum tanjakan pertama di Alto de Petralba, sekitar 70 kilometer dari start. Guyuran hujan deras membuat para pembalap pun sangat berhati-hati di turunan setelah Alto de Petralba.

Ion Izaguirre berada di tengah 23 pembalap yang melakukan breakaway

Para pembalap breakaway masih belum terkejar ketika memasuki tanjakan kedua di Puerto de Cotefablo. Guillaume Martin (Cofidis) menjadi yang pertama mencapai puncak tanjakan ini. Sementara Roglic mengalami masalah teknis sebelum pendakian. Setelah masalahnya beres, ia dengan segera kembali ke peloton.

Gorka Izagirre (Astana) mulai meninggalkan rombongan terdepan setelah tanjakan kedua. Ia memimpin sendirian dengan selisih lebih dari setengah menit. Meski tertangkap di 6 kilometer menjelang finis, Gorka berhasil membuka ruang untuk adiknya, Ion Izagirre (Astana).

Ion Izagirre menyerang di sisa 3 kilometer. Pembalap 31 tahun itu tak terkejar hingga mencapai garis finis di puncak Aramón Formigal. "Saya tahu 3 kilometer terakhir adalah yang tersulit. Sangat memuaskan bisa menang di sini mengingat cuaca yang kami alami," ucapnya setelah balapan.

Primoz Roglic (kiri) kehilangan red jersey karena tampil kedodoran di Etape 6 

Roglic menjadi sorotan karena ia tampak kedodoran saat menanjak di Aramón Formigal. Roglic tak mampu mengejar pergerakan kuartet Carapaz,David Gaudu (Groupama-FDJ), Marc Soler (Movistar), dan Hugh Carthy (EF Pro Cycling) yang membentuk grup kecil di depan peloton.

Carapaz finis kesebelas, terpaut 55 detik dari Ion Izagirre. Sedangkan Roglic tercecer di posisi 20 dengan gap 1 menit 38 detik. Hasil ini mengantaran Carapaz ke puncak GC. Ia merebut red jersey dari Roglic. "Ini adalah ganjaran atas kerja keras kami sepanjang minggu," kata Carapaz seusai lomba.

                             Richard Carapaz berhasil mengkudeta Primoz Roglic dan merebut red jersey

Kemenangan Carapaz sekaligus melengkapi pesta Ineos Grenadiers Minggu (25/10) malam. Sekitar 30 menit sebelum Carapaz memuncaki GC di La Vuelta, rekannya Tao Geoghegan Hart berhasil menjadi juara overall di Giro d'Italia 2020. Tak cuma itu saja, Ineos Grenadiers menjadi juara team classification.

La Vuelta akan memasuki rest day pertama Senin (26/10). Kemudian Etape 7 akan dilangsungkan Selasa (27/10) besok. Balapan akan start dari Vitoria-Gasteiz menuju Villanueva de Valdegovia. Total jaraknya 159,7 kilometer. Ada dua tanjakan Kategori 1 yang harus ditaklukkan para pembalap. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. Ion Izaguirre (Spanyol), Astana 3 jam 41 menit
2. Michael Woods (Kanada), EF Pro Cycling +25
3. Rui Costa (Portugal), UAE-Team Emirates +25
4. Rob Power (Austria), Sunweb +27
5. Michael Valgren (Denmark), NTT Pro Cycling +27
6. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +27
7. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +38
8. Hugh Carthy (Inggris), EF Pro Cycling +48
9. Gorka Izagirre (Spanyol), Astana +53
10. Sergio Henao (Kolombia), UAE-Team Emirates +55

General Classification usai 6 etape dari 18 etape (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 24 jam 24 menit 39 detik
2. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +18
3. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +20
4. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +30
5. Enric Mas (Spanyol) Movistar +1:07
6. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +1:30
7. Marc Soler (Spanyol), Movistar +1:42
8. Esteban Chaves (Colombia), Mitchelton-Scott +2:02
9. David De la Cruz (Spanyol), UAE-Team Emirates +02:46
10. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +3:00

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 19

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO, Getty Images


COMMENTS