Tour de France 2020 - Etape 17
Superman Lopez Berkuasa di Meribel, Roglic Mulai Memperlebar Jarak
by - September 16, 2020

Para climber papan atas bertarung sangat sengit di etape 17 Tour de France 2020, Rabu (16/9) malam. Hasilnya, Miguel Angel Lopez (Astana) menjadi pemenangnya. Superman, julukannya, berhasil menyingkirkan dua kandidat juara TdF 2020, Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dan Tadej Pogacar (UAE-Team Emirates).

Start dari Grenoble dan finis di Meribel, etape 17 menempuh sepanjang 168 kilometer. Etape ini punya dua tanjakan hors categorie (HC), yaitu Col de la Madeleine dan Col de la Loze di Meribel. Mengingat TdF 2020 sudah mendekati akhir, para unggulan akan benar-benar saling hajar di etape ini.

Sekitar 21 pembalap melakukan breakaway di awal lomba. Lalu lima di antaranya memisahkan diri dan memimpin balapan. Mereka adalah Richard Caparaz (Ineos Grenadiers), Julian Alaphilippe (Deceuninck–QuickStep), Gorka Izagirre (Astana), Lennard Kämna (Bora-Hansgrohe), dan Dan Martin (Israel Start-Up Nation).

Satu per persatu pembalap terdepan mulai rontok saat menanjak di Col de la Loze. Caparaz pun hanya bertahan hingga tiga kilometer menuju finis. Setelah itu Ia berhasil disalip para climber top macam Lopez, Pogacar, Roglic, Richie Porte (Trek-Segafredo), Sepp Kuss (Jumbo-Visma), dan Enric Mas (Movistar).

Superman Lopez mulai menyerang di dua kilometer akhir. Ia mengayuh pedal sekencang-kencangnya untuk menjauh dari kejaran Roglic dan Pogacar. Usahanya berhasil, duo Slovenia itu tak dapat menyusulnya. Pembalap asal Kolombia ini pun berhasil finis pertama di etape 17.

"Saya sangat bahagia dan sangat emosional. Kami bekerja sangat keras untuk ini dan tidak mudah untuk mencapainya," ucap pembalap 26 tahun itu. "Kemenangan ini untuk istri dan anak saya. Rekan satu tim saya juga melakukan pekerjaan sangat baik hari ini," imbuhnya.

Kemenangan ini sangat spesial karena tahun ini adalah debutnya di TdF. Kian manis karena leader tim Astana itu berhasil memenangkan salah satu etape tersulit di TdF 2020. Ini adalah kemenangan kedua untuk Astana. Sebelumnya, tim asal Kazakhstan itu menguasai etape 6 lewat Alexey Lutsenko.

Roglic finis kedua di etape 17 Tour de France 2020

Sementara itu, finis kedua di etape 17 membuat Roglic belum tergoyahkan di puncak General Classification (GC). "Itu benar-benar gila pada akhirnya. Empat kilometer terakhir sangat brutal. Anda sangat bahagia saat mencapai puncak," ucapnya.

Pembalap 30 tahun ini semakin menjaga jarak dengan rival tedekatnya Tadej Pogacar. Kini Roglic unggul 57 detik atas koleganya sesama pembalap dari Slovenia itu. Sekarang ia harus fokus untuk mempertahankan yellow jersey-nya hingga etape 21 pada akhir pekan nanti.

"Saya tidak menang dan finis kedua lagi. Tapi saya memperlebar gap di klasemen. Saya senang. Meski itu tidak pernah cukup karena Anda selalu menginginkan lebih," terangnya.

Profil rute etape 18 Tour de France 2020

Berikutnya para pembalap berhadapan dengan etape 18, Kamis (17/9) malam. Panjangnya 168 kilometer dari Meribel ke La Roche-sur-Foron. Secara resmi, inilah etape gunung terakhir di TdF 2020. Ada empat tanjakan panjang dilalui, termasuk tanjakan HC Montee du Plateau des Gileres, 31 kilometer dari finis.

Meski banyak gunungnya, etape ini akan berakhir setelah turunan panjang. Jadi ada risiko tambahan bagi para unggulan. Setelah etape ini, kandidat utama juara akan terlihat. Kemudian, semua sudah bisa "berhitung" apakah kandidat utama itu masih bisa dikalahkan atau tidak. (mainsepeda)

Hasil Etape 17 Tour de France 2020 (Top Ten)
1. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana 4 jam 49 menit 8 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +15 detik
3. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE-Team Emirates +30
4. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +56
5. Richie Porte (Australia), Trek-Segafredo +1:01
6. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1:12
7. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain McLaren +1:20
8. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott +1:20
9. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Pro Cycling +1:59
10. Tom Dumoulin (Belanda), Jumbo-Visma +2:13

General Classification usai 17 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 74 jam 56 menit 4 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE-Team Emirates +57 detik
3. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana +1:26
4. Richie Porte (Australia), Trek-Segafredo +3:05
5. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott +3:14
6. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Pro Cycling +3:24
7. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain McLaren +3:27
8. Enric Mas (Spanyol), Movistar +4:18
9. Tom Dumoulin (Belanda), Jumbo-Visma +7:23
10. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +9:31

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 14

Foto: ASO, Getty Images, Belga


COMMENTS