Tour de France 2020 - Etape 16
Lennard Kämna Raih Kemenangan Pertama untuk Bora-Hansgrohe
by - September 15, 2020

Glückwunsch, Lennard Kämna (Bora-Hansgrohe). Pembalap 24 tahun asal Jerman ini meraih kemenangan terbesar dalam kariernya. Kämna menjuarai etape 16 Tour de France 2020 Selasa (15/9) malam. Ini adalah kemenangan pertama Bora-Hansgrohe di TdF 2020.

Selasa ini adalah awal dari pekan terakhir dan paling menentukan di TdF 2020. Sekaligus dimulainya persaingan para pembalap unggulan dan tim terbaik untuk menjadi pemenang di ajang balap sepeda terakbar di dunia tersebut.

Etape 16 menempuh perjalanan sejauh 164 kilometer dari La Tour-du-Pin ke Villard-de-Lans. Ada lima tanjakan yang harus diselesaikan para pembalap. Ending-nya adalah dua tanjakan "bertumpuk." Dimulai dengan tanjakan Kategori 1, Montee de Sainte-Nizier-du-Moucherotte.

Kemudian pembalap lalu turun sebentar sebelum naik lagi ke garis finis di puncak Villard-de-Lans yang sangat berangin. Tanjakan pamungkas ini sepanjang 2,2 kilometer dengan gradien 6,5 persen.

Lebih dari 30 pembalap melakukan breakaway saat lomba baru berjalan 20 kilometer. Kämna termasuk di dalamnya bersama duo Ineos Grenadiers Rochard Caparaz dan Pavel Sivakov juga Warren Barguil (Arkea-Samsic). Kelompok breakaway ini begitu dominan dan tak terkejar. Bahkan mereka unggul 15 menit dari peloton.

Dari barisan terdepan, Carapaz membuka serangan di 23 kilometer menjelang finis. Ia dibuntuti Kämna, Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep), dan Sébastien Reichenbach (Groupama-FDJ). Namun dominasi Carapaz tak berlangsung lama.

Lennard Kämna tampil luar biasa di etape 16 Tour de France 2020

Kämna berhasil menyalip Carapaz disetelah tanjakan Montee de Sainte-Nizier-du-Moucher. Praktis ia memimpin sendirian sejak balapan masih menyisakan 20 kilometer. Kämna tak terkejar hingga finis pertama di puncak Villard-de-Lans. Ia unggul lebih dari satu menit atas Carapaz dan Reichenbach.

"Saya merasa luar biasa. Ini benar-benar hari yang luar biasa bagi saya," kata Kämna setelah finis. "Itu adalah pertarungan sejak awal dan saya tahu saya harus menyelesaikannya sendirian," imbuhnya. Ini adalah kemenangan keduanya setelah menjuarai etape 4 Critérium du Dauphiné 2020.

Peluangnya muncul ketika ia melihat Carapaz mulai menurunkan kecepatannya saat menanjak di Montee de Sainte-Nizier-du-Moucher. Kämna langsung memutuskan untuk meninggalkan juara bertahan Giro d'Italia itu untuk merebut kemenangan solo di etape 16.

"Kemenangan ini sangat melegakan bagi saya dan tim. Apa yang saya capai tahun ini sangat besar. Saya merasa diberkati," akunya.

Tadej Pogacar (kiri) berbincang dengan Primoz Roglic sebelum balapan dimulai

Sementara itu, dua kandidat juara TdF 2020 finis hampir bersamaan. Tadej Pogacar (UAE-Team Emirates) finis ke-21 dan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) finis ke-22. Kedua pembalap asal Slovenia tersebut sama-sama terpaut gap 16 menit 48 detik dari Kämna.

Hasil di etape 16 tak banyak mengubah klasemen pembalap di General Classification (GC). Roglic masih berada di puncak. Ia unggul 40 detik atas Pogacar. Hanya saja Tim Dumoulin (Jumbo-Visma) yang finis ke-30, naik satu strip ke posisi sembilan. Ia bertukar tempat dengan Nairo Quintana (Arkea-Samsic).

"Hari ini adalah hari yang luar biasa bagi kami. Kami mengendalikan balapan dan mempertahankan jersey kuning," ujar Roglic.

Profil rute etape 17 Tour de France 2020

Rabu (16/9) besok para pembalap kembali bertemu medan menanjak di etape 17. Panjangnya 168 kilometer dari Grenoble ke Meribel. Etape ini punya dua tanjakan. Tapi dua-duanya hors categorie. Yaitu Col de la Madeleine dan Col de la Loze di Meribel.

Mengingat Tour de France sudah mendekati akhir, para unggulan akan benar-benar saling hajar di etape ini. Di etape seperti inilah kehebatan taktik sama pentingnya dengan kekuatan pembalap.

"Besok akan menjadi hari yang sangat berat. Kami sedang menuju titik tertinggi dalam Tout ini. Ini adalah pendakian terakhir yang sangat curam. Kami akan berjuang untuk setiap detik. Ini akan menjadi pertarungan besar dari awal hingga akhir. Kami siap untuk itu," tegas Roglic. (mainsepeda)

Hasil Etape 16 Tour de France 2020 (Top Ten)
1. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe 4 jam 12 menit 52 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +1:27
3. Sébastien Reichenbach (Swiss), Groupama-FDJ +1:56
4. Pavel Sivakov (Rusia), Ineos Grenadiers +2:34
5. Simon Geschke (Jerman), CCC +2:35
6. Warren Barguil (Prancis), Arkea-Samsic +2:37
7. Tiesj Benoot (Belgia), Sunweb +2:41
8. Nicolas Roche (Irlandia), Sunweb +2:47
9. Quentin Pacher (Prancis), B&B Hotels-Vital Concept +2:51
10. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +2:54

General Classification usai 16 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 70 jam 6 menit 47 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE-Team Emirates +40 detik
3. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Pro Cycling +1:34
4. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana +1:45
5. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott +2:03
6. Richie Porte (Australia), Trek-Segafredo +2:13
7. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain McLaren +2:16
8. Enric Mas (Spanyol), Movistar +3:15
9. Tom Dumoulin (Belanda), Jumbo-Visma +5:19
10. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +5:43

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 13

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS