Banyak yang menarik dari Thailand. Wisata negerinya yang indah, wisata religi juga komplit, juga budaya-nya yang cantik. Tapi buat kami, cyclist tulen, banyak rute bersepeda yang menarik, bike shop yang bikin mata terbelalak dan mengempiskan dompet. Ssstt…. Pesepeda cewek Thailand aduhai cantiknya…..

Akhir bulan lalu, tanggal 28 April – 2 Mei diselenggarakan Tour of Friendship di Bangkok. Even yang digelar 5 etape ini menuju ke arah barat perbatasan dengan Myanmar.

Saya bilang ke teman-teman, agar kita berangkat dua hari lebih awal. Tujuannya, fun bike mencoba nge-loop di bicycle track Skylane Suvarnabhumi Airport sejauh 23 km yang beken itu. Juga tentunya, diselingi dengan bike shop tour.

“Jalan-jalan” ala cyclist ini bisa membantu beberapa kawan yang baru pertama kali bersepeda di luar Indonesia, agar lebih rileks. Apalagi lomba Tour of Friendship juga tidak ringan, terutama tanjakan-tanjakannya menyeramkan.

Saat tiba di hotel pada Kamis malam dan mulai merakit sepeda, ternyata sadel kesayangan saya patah. Jadi ini sebuah “kebetulan” bahwa harus jalan ke bike shop untuk mencari sadel pengganti. Wkwkwk…….

Edo Bawono gowes santai 20 km di hari pertama di Bangkok tanpa sadel karena sadelnya putus.

 

Saya dibantu oleh Yohanes Teknowijoyo yang akrab dipanggil Yoyo, cyclist asal Solo, merencanakan toko sepeda mana aja yang akan kita kunjungi.

Dengan senjata Google Maps dan koneksi Yoyo dengan cyclist lokal Bangkok akhirnya kita mendesain “course profiles” sebagai berikut:

 

Etape 1: Tormor (Healthy Person) Bike Shop

19 Sukhothai Rd, Khwaeng Dusit, Khet Dusit, Krung Thep Maha Nakhon 10300, Thailand

+66 2 243 4128

https://goo.gl/maps/2PWudf6vZgD2

Toko sepeda ini kami kunjungi pertama karena jaraknya terdekat dari hotel. Lokasi toko sepeda ini menarik karena di dalam kompleks militer. Staff toko pun juga anggota Royal Thai Army, identik dengan rambutnya yang cepak.

Toko ini cukup besar dan menjual high-end bikes dan parts merek Colnago, Specialized, Mavic, Zipp, dan lainnya. Mereka juga menyediakan jasa servis sepeda dengan peralatan cukup lengkap.

Di belakang toko, ada taman cukup besar dan dikelilingi oleh trek aspal yang bisa digunakan untuk test ride.

Seperti biasa, warga Thailand tidak bisa berbahasa Inggris, tapi tidak masalah. Harga dan angka pada waktu membayar adalah bahasa universal. Wkwkk…...

Yang lebih menarik lagi, saya melihat dari jauh ada foto seseorang figur sedang melakukan salut hormat di atas sepeda MTB. Saya berasumsi ini pendiri toko atau seorang pejabat tinggi yang hobi sepeda.

Setelah dilihat lebih dekat, figur itu adalah Raja Maha Vajiralongkorn! Sedikit googling, ternyata Raja baru ini hobi bersepeda.

Pada tahun Agustus 2015, beliau mengorganisir even “Bike for Mom” sejauh 43 km. Tujuannya, untuk menghormati ulang tahun dan menyemangati ibunya, Ratu Sirikit, yang sedang sakit keras waktu itu.

Dan hebatnya, Bike for Mom memecahkan rekor peserta terbanyak, lebih dari 300 ribuan orang berpartisipasi! Lebih pentingnya lagi, Ratu Sirikit masih sehat hingga sekarang di usianya yang ke 85 tahun!

 

Etape 2: Showroom Peloton

968 U Chu Liang Building, 1st floor,

Rama IV Rd., Silom, Bangrak, Bangkok 10500 Thailand

+66 2 687 5257

https://goo.gl/maps/BVLZj5kaCdw

Toko ini adalah showroom untuk merek Colnago dan berlokasi di dalam sebuah gedung perkantoran. Stok frame Colnago dan komponen dari merek lain juga cukup lengkap dan lebih high-end dari toko pertama yang kami kunjungi sebelumnya. Selain Colnago mereka juga agen merek Tacx dan merek lainnya. Toko ini tidak menyediakan jasa servis sepeda.

 

Etape 3: Sport Bicycle

4 Khwaeng Silom, Khet Bang Rak, Krung Thep Maha Nakhon 10500, Thailand

+66 2 687 5257

https://goo.gl/maps/L2T61fjsQnG2

Toko ini dipilih karena mereka adalah distributor resmi Specialized, merek sadel saya yang patah. Dan lokasinya kebetulan berada di dalam gedung pertokoan yang sama dengan showroom Colnago dari etape 2.

Seperti showroom Specialized lain di manca negara, mayoritas barang yang dijual tentunya adalah merek mereka sendiri. Toko ini juga menyediakan jasa servis sepeda dan fitting.

 

Etape 4: Cycling projects Co.,Ltd. 

238 Srinagarindra Rd, Khwaeng Nong Bon, Khet Prawet, Krung Thep Maha Nakhon 10250, Thailand

+66 82 779 9990

https://goo.gl/maps/oE86r2zvKX72 

Kami mengunjungi toko ini karena direkomendasikan oleh kawan Yoyo. Dan benar ini toko yang terbaik. Barang yang dijual lebih lengkap dibandingkan toko yang kami datangi sebelumnya.

Mata kami menjadi “hijau” melihat banyaknya komponen sepeda unik yang sulit didapatkan. Apalagi semuanya high-end brands seperti BMC, Lake, Pinarello, Chapter 2, Enve, EE brakes, dan lainnya. Di toko ini juga tersedia bengkel untuk jasa servis sepeda.

 

Etape 5: Concept Speed

Soi Ramkhamhaeng 24 Yaek 20, Khwaeng Hua Mak, Khet Bang Kapi, Krung Thep Maha Nakhon 10240, Thailand

+66 85 890 7234

https://goo.gl/maps/JLMCHNx27St

Next stop adalah toko cycling fashion. Ini merupakan rekomendasi kawan kami, Corry Cortine, yang paling modis dan kekinian soal cycling fashion.

Kami, para cowok, juga tidak kalah “modis” dibandingkan Corry. Alias kita belanja cycling fashion dengan “modal diskon” di akhir tahun. Wkwkw….

Sengaja etape ini diposisikan terakhir karena untuk momen “save the best for last”.  Setibanya di sana, sudah jelas ini bukan toko melainkan sebuah butik merek uber luxury seperti Hermès atau Patek Philippe.

Size butiknya boleh kecil tetapi wowww merek-merek yang dijual super mahal seperti Katusha, Black Sheep. Dan merek mereka sendiri Concept Speed, merek asal Thailand, yang sedang lagi naik daun di komunitas sepeda Thailand dan apparently di Jakarta.

Mayoritas barang yang dijual di toko konsep butik lux ini adalah cycling apparel, tetapi saya juga melihat beberapa merek sepeda yang didisplay di toko seperti Canyon, Stinner. Juga ada komponen (parts) seperti Comtat, FMB tires, 100!, Quoc, dan lainnya. Di butik ini saya melihat mereka tidak menyediakan jasa servis sepeda, tetapi disediakan free coffee.

 

Semoga ulasan dari “etape tour de bike shops” di Bangkok Thailand ini bisa berguna untuk teman-teman cyclist yang berencana untuk jalan-jalan ke Bangkok.

Sayangnya, track Skylane Suvarnabhumi yang dekat airport itu tutup untuk maintenance setiap hari Kamis dan Jumat. Jadi kami tidak sempat riding disana.

Dari total tujuh orang yang ikut Tour of Friendship 2018 ini, kami mewakili empat klub dari komunitas sepeda di Jakarta dan satu klub dari Solo.

Kami semua berhasil menyelesaikan lima etape yang rutenya cukup menantang. Yang membanggakan, diantara kami juga berhasil meraih tiga podium. 

Saya amat terkesan dengan trip ini. Nama Tour of Friendship mencerminkan spirit persahabatan antara komunitas sepeda dari beberapa negara, bahkan ada yang datang jauh dari Brazil dan Swiss, khusus untuk event ini!

Untuk saya pribadi, ini ToF kedua yang saya ikuti. Lebih spesial, karena kami mewakili klub sepeda yang berbeda tapi bisa berkumpul, have fun dan tampil bersama di ToF mewakili SATU Indonesia! (*)

 

Tim Indonesia peserta Tour of Friendship Bangkok Thailand 2018 

1. Corry Cortine The Body Shop Cycling Jakarta
2. Yohanes Teknowijoyo Solo Cycling Community (SCC) Solo
3. Ellianah Wati Setiady JKTCC Jakarta
4. Hermansyah Handoko Kelapa Gading Bikers (KGB) Jakarta
5. Hartanto Bahari Ng JKTCC Jakarta
6. Aidy Halimanjaya The Body Shop Cycling Jakarta
7. Edo Bawono Kelapa Gading Bikers (KGB) Jakarta

 


COMMENTS