Dikira Peter Sagan karena Pakai Green Jersey

Peter Sagan merupakan salah satu pembalap tersukses di Tour de France. Rider BORA-Hansgrohe ini mengoleksi tujuh green jersey dari sembilan kali berlaga di TdF. Saking seringnya memenangkan points classification, membuat juara dunia tiga kali itu diidentikkan dengan jersey hijau saat berlaga di Prancis.

Nah, ada kejadian lucu yang dialami dialami Sam Bennett (Deceuninck-QuickStep) di etape 6 TdF 2020, Kamis (3/9) malam. Bennett mulai menggunakan jersey hijau sejak etape 6. Sebelumnya jersey tersebut dipakai Sagan di etape 4 dan 5.

Sprinter asal Irlandia itu sangat menikmati hari pertamanya mengenakan jersey hijau. Yang tidak diduga, ternyata banyak orang yang salah mengira ia sebagai Peter Sagan. Mereka berteriak Sagan ketika Bennett melintas di jalanan.

"Agak lucu. Kadang orang mengira saya adalah Peter. Mereka begitu terbiasa melihatnya berpakaian hijau. Bahkan di pinggir jalan orang meneriakkan 'Sagan!' kepada saya," ucap pembalap 29 tahun tersebut.

Peter Sagan mendominasi green jersey sejak Tour de France 2012

Bennett tak ambil pusing dengan kondisi itu. Apalagi ia menerima menerima dukungan banyak dukungan dari kerabat, teman, dan fansnya. Mereka berharap mantan rekan Sagan di tim BORA-Hansgrohe ini bisa meraih prestasi terbaik agar menginspirasi para pebalap muda di Irlandia.

Selain merebut jersey hijau, dan berhasil mempertahankannya untuk etape 7 Jumat (4/9) malam ini, Bennett juga dua kali naik podium di etape 3 dan 5. Sayang ia belum berhasil menjadi juara etape di TdF tahun ini. Melihat potensi dan kondisi balapan, membuat Bennett mengubah rencananya.

"Saya pikir saya akan mencoba dan mendapatkan jersey hijau untuk sehari. Tapi sekarang saya di sini. Kita akan lihat apakah kami bisa mengendalikannya. Itu berhasil saat ini, tetapi Peter memenangkannya berkali-kali. Saya yakin warna aslinya akan keluar," ujar Bennett.

Bennett kini mempertimbangkan untuk mengalihkan fokus dari meraih kemenangan di etape menjadi mengenakan green jersey hingga etape 21 nanti. "Awalnya, ini tentang kemenangan etape. Tapi mungkin sekarang saya harus mengorbankan itu untuk mencoba dan mempertahankan jersey hijau ini," bilangnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 12

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS