Tiga Pembalap Out, Dua dari Lotto-Soudal

Tour de France 2020 langsung memakan korban. Tiga pembalap tidak bisa meneruskan lomba seusai mengalami kecelakaan di etape pertama, Sabtu (29/8) malam. Dari tiga rider itu, dua di antaranya berasal dari Lotto-Soudal.

Lotto-Soudal benar-benar sial. Mereka harus kehilangan dua pembalap utama, yakni Philippe Gilbert dan John Degenkolb akibat cedera yang cukup serius. Bersama Caleb Ewan, mereka mengalami kecelakaan di etape satu kemarin.

Meski ketiganya bisa finis di etape pertama, tapi hanya Ewan yang bisa meneruskan balapan dan turun di etape kedua Minggu (30/8) malam ini. Setelah finis di Nice langsung dilarikan ke Clinique Saint-Jean di Cagnes-sur-Mer.

Philippe Gilbert saat presentasi pembalap Tour de France 2020.

Berdasatkan hasil MRI terungkap bahwa tempurung lutut kiri Gilbert patah. Ia harus istirahat sekitar tiga pekan. Gilbert seolah mengulang cerita horor di Tour de France 2018 lalu. Kala itu ia juga mematahkan patela yang sama setelah mengalami kecelakaan di Pyrenees.

"Kabar baiknya adalah ini adalah retakan tanpa perpindahan. Pertama, kami takut ada masalah dengan tendon dan ligamen. Dokter rumah sakit, yang mengambil waktu untuk kami dan tinggal bersama kami sampai pukul 11 ​​malam, berbicara tentang masa imobilitas selama dua-tiga minggu. Bisa jadi lebih buruk." jelas keterangan resmi tim Lotto-Soudal.

John Degenkolb meringis kesakitan seusai mengalami kecelakaan di etape pertama Tour de France 2020.

Sedangkan Degenkolb mengalami nasib yang tak lebih baik. Ia juga mengalami crash dan memasuki garis finis dengan tertatih-tatih. Sayang ia dianggap melebihi batas waktu yang ditentukan. Meski ada permintaan dari timnya, Degenkolb telah dikeluarkan dari balapan.

Degenkolb merasa sangat kecewa. Hasil latihannya selama ini terbuang sia-sia. Bahkan, ia berjuang keras agar bisa menuntaskan etape pertama. Membalap sendirian dengan lutut yang terluka dan menahan rasa sakit di punggung.

"Tentu saja itu frustasi sekali, tapi itulah realitas brutal bersepeda," tulis pembalap 31 tahun ini di akun media sosialnya.

Rafa Valls dilarikan ke rumah sakit karena mengalami patah tulang paha kanan.

Satu pembalap lain yang harus keluar dari balapan adalah Rafa Valls (Bahrain McLaren). Climber asal Spanyol itu mengalami patah tulang paha kanan. Valls mengalami kecelakaan di Promenade des Anglais, sekitar 3 km sebelum garis finis.

"Rafa dibawa ke rumah sakit dan telah menjalani operasi pada tulang paha yang retak. Ia juga menjalani perawatan untuk luka dangkal di bahu kanan, siku, dan lutut," jelas laman resmi Bahrain McLaren. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 11

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: FacePeeters, Reuters, ASO, Imago


COMMENTS