Lengan Masih Diperban, Roglic Dipastikan Turun di Tour de France

Jumbo-Visma bisa bernapas lega. Kapten mereka Primoz Roglic dipastikan bisa membalap di Tour de France 2020. Juara nasional Slovenia tersebut turut hadir dalam presentasi tim di Masséna Square di Nice, Kamis (27/8) malam.

Roglic dikhawatirkan absen di Tour de France tahun ini setelah mengalami kecelakaan di Critérium du Dauphiné 2020, dua pekan lalu. Pada saat itu, Roglic yang sedang memimpin klasemen umum, memutuskan tak membalap di etape terakhir demi memulihkan kondisinya.

Roglic hadir dalam presentasi tim Kamis malam dengan lengan kirinya yang masih diperban. Tampaknya luka dari kecelakaan di Critérium du Dauphiné masih belum kering. Meski demikian, Roglic menegaskan siap membalap di Tour de France 2020.

"Saya senang saya berhasil berada di awal Tour de France. Saya menganggapnya sebagai kabar baik. Senang berada di sini, di Nice," kata juara Vuelta a Espana 2019 itu.

Primoz Roglic (paling kanan) dengan lengan kiri masih tertutup perban.

Kehadiran Roglic tentu menjadi klabar bagus untuk Jumbo-Visma. Sebab tim asal Belanda ini telah kehilangan salah satu kapten tim Steven Kruijswijk. Juara tiga Tour de France 2019 itu harus absen setelah crash di Critérium du Dauphiné.

Dengan absennya Kruijswijk, maka tim ini akan berharap banyak kepada Roglic dan rekrutan anyar Tom Dumoulin. Kolaborasi mereka berjalan sangat baik di dua balapan terakhir, yakni Tour de l'Ain dan Critérium du Dauphiné.

"Kesan saya pada Primoz sebelumnya adalah dia sangat fokus pada dirinya sendiri. Pendapat saya berubah ketika saya mengenalnya lebih baik. Dia pria yang sangat baik, tetapi tetap fokus pada penampilan terbaiknya," terang Dumoulin.

Jumbo-Visma dalam presentasi tim di Nice, Kamis (27/8) malam.

Selain Roglic dan Dumoulin, Jumbo-Visma menurunkan skuad climber yang menakutkan, seperti George Bennett, Robert Gesink, dan Sepp Kuss. Ada pula Wout van Aert, yang bisa mencuri etape-etape datar atau rolling. Serta Tony Martin dan Amund Grondahl Jansen.

"Senang rasanya berada di garis start Tour de France. Tidak akan sama tanpa Kruijswijk. Absennya Kruijswijk memaksa kami sedikit mengubah taktik. Sekarang Primoz atau saya yang membidik GC. Tujuan kami adalah untuk mendekati podium di minggu terakhir Tour," tegas Dumoulin. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 11

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Team Jumbo-Visma


COMMENTS