Evenepoel Masuk Jurang, Fuglsang Juara Il Lombardia

Il Lombardia 2020 menghadirkan juara baru. Dialah Jakob Fuglsang, pembalap kawakan milik tim Astana. Rider 35 tahun itu menyelesaikan balapan sejauh 231 kilometer dengan catatan waktu 5 jam 32 menit 54 detik. Ini adalah kemenangan keduanya di balapan Monumen.

Fuglsang mulai menyerang di tanjakan Civiglio, sekitar 15 kilometer menjelang finis. Aksinya diikuti oleh George Bennett (Jumbo-Visma), Aleksandr Vlasov (Astana), serta trio pembalap Trek-Segafredo, yakni Vincenzo Nibali, Bauke Mollema dan Giulio Ciccone.

Fuglsang melancarkan aksi solo di pendakian terakhir di San Fermo della Battaglia. Fuglsang meninggalkan Bennett di lima kilometer pamungkas. Manuvernya tak dapat dikejar oleh Bennett. Fuglsang tak terkejar hingga menyentuh garis finis. Ia unggul 31 detik atas Bennett, dan 51 detik dari Vlasov.

Dalam wawancara seusai balapan, Fuglsang memuji performa Bennett. Menurutnya, pembalap asal Selandia Baru tersebut memberikan pressure ketat sepanjang lomba. Fuglsang sempat berniat beradu sprint dengan Bennett. Ia yakin bisa menang sprint.

"Akan tetapi, ketika Bennett menyerang untuk kedua kalinya, saya memutuskan untuk pergi sendiri dan dia memudar," ungkap pembalap asal Denmark tersebut.

Ia juga berterima kasih kepada rekan setimnya, Vlasov. Menurut Fuglsang, Vlasov berperan penting dalam membantunya menyingkirkan Bennett dan trio Trek-Segafredo. "Ia memberi saya bantuan besar untuk menyelesaikan semuanya," sanjung Fuglsang.

Podium di Il Lombardia 2020 adalah kemenangan keduanya di balapan Monumen. Sebelumnya, Fuglsang berhasil menjuarai Liège-Bastogne-Liège 2019. "Saya belajar setelah Strade Bianche bahwa penting untuk tetap tenang dan itu berhasil hari ini," ungkap Fuglsang.

Sementara itu, Il Lombardia 2020 mengisahkan kecelakaan mengerikan bagi pembalap muda potensial Remco Evenepoel (Deceuninck-QuickStep). Ia menabrak dinding batu dan masuk ke jurang di turunan Muro di Sormano, sekitar 50 kilometer menjelang finis.

Pihak Deceuninck-QuickStep mengonfirmasi bahwa Evenepoel tidak kehilangan setelah mengalami kecelakaan horor itu. Ia telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan dari tim dokter.

Kecelakaan juga dialami Maximilian Schachmann (Bora-Hansgrohe). Pembalap asal Jerman itu ditabrak oleh kendaraan pribadi yang tiba-tiba masuk ke area balapan di kilometer terakhir. Schachmann bisa melanjutkan balapan dan berhasil finis di posisi ketujuh. (mainsepeda)

Hasil Il Lombardia 2020 (Top Ten)
1. Jakob Fuglsang (Denmark), Astana, 5 jam 32 menit 54 detik
2. George Bennett (Selandia Baru), Jumbo-Visma +31 detik
3. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana +51
4. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +1:19
5. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +1:40
6. Vincenzo Nibali (Italia), Trek-Segafredo +3:31
7. Maximilian Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +4:31
8. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +5:20
9. Ben Hermans (Belgia), Israel Start-Up Nation +6:00
10. Mathieu Van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +6:28

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 9

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Yencer Barona, Eurosport


COMMENTS