Tips Memilih Jersey untuk Pengguna Road Bike
by - August 03, 2020
Tips Memilih Jersey untuk Pengguna Road Bike
by MainSepeda - August 03, 2020

Seperti halnya sepeda, jersey pun memiliki banyak macam dengan kualitas yang berbeda-beda. Jersey BMX dan MTB biasanya lebih longgar. Kostum pengguna sepeda lipat acap kali lebih santai dan colorful. Sedangkan jersey pengguna road bike terkenal sangat body fit.

CEO SUB Jersey, Bagus Ramadhani akan membagikan tips memilih jersey untuk Anda penunggang road bike. Pria yang akrab disapa Rama itu bakal menjelaskan detail yang harus dicermati ketika memilih sebuah jersey. Baik itu ukuran atau kualitas bahannya.

Berikut tips memilih jersey dari Rama:

1. Cek Size Chart Terlebih Dulu
Jurus ini bisa diterapkan ketika membeli secara online. Saat melihat size chart, ada tiga hal yang harus dicek, yakni lingkar dada, lengan, dan perut. Sebab setiap jersey, baik produk lokal maupun luar negeri, memiliki ukuran yang berbeda-beda. Selain itu, setiap merek memiliki ciri tersendiri.

"Bahkan dalam satu brand, perbedaan material kain juga memengaruhi size-nya. Sebab tingkat kelenturannya juga berbeda," ujar Rama.

2. Harus Dicoba
Pasal ini berlaku jika Anda datang ke store sebuah brand jersey sepeda. Rama menegaskan, cara mengukur jersey road bike berbeda dengan mengukur polo shirt atau kaus. Yakni dengan cara menempelkan baju di dada atau punggung seperti yang sering dilakukan masyarakat.

"Mengukur jersey tidak bisa seperti itu. Sebab jersey ada tingkat kelenturan. Jadi alangkah baiknya jika jersey-nya dicoba. Sepintas ukuran jersey sepeda memang terlihat kecil. Tapi begitu dipakai kainnya akan merenggang," jelas Rama.

3. Body Fit
Ada berbagai macam tipe jersey sesuai dengan disiplin balap sepeda yang digeluti. Untuk memilh jersey road bike, diusahakan yang paling body fit. Sebab, jika jerseynya longgar, akan berpengaruh ke performa cyclist ketika diterpa angin.

"Tidak usah khawatir. Kalau memang niat bersepeda, dalam tiga bulan pasti berat badan menurun. Otomatis ukuran jersey-nya juga menyesuaikan," imbuh pria berkacamata ini.

4. Jangan Salah Pilih Jenis Jersey
Setiap brand memiliki jenis jersey yang berbeda-beda. Ada jersey yang nyaman digunakan saat musim panas. Ada pula jersey untuk musim dingin. Contohnya SUB Jersey. Merek asli Surabaya ini memiliki tiga jenis jersey, yaitu elite, premium dan SUB-PRO.

"Semua jersey yang kami rancang untuk iklim tropis. Dari pengembangan elite tercipta premium. Dari premium tercipta SUB-PRO. SUB Jersey berusaha memaksimalkan kualitas kain yang dipakai untuk produk. Yang terpenting harga bisa di jangkau oleh goweser seluruh indonesia," jelasnya.

Setiap jersey dirancang setelah melalui hasil riset. Riset itu bisa memakan waktu lama. Lebih dari setahun. Produsen akan berusaha menciptakan jersey yang lebih ringan dan lebih nyaman. Itu tidak gampang. Sebab harus dihitung bobot kain.

"Semakin nyaman, semakin ringan akan memengaruhi harga jersey. Rata-rata seperti itu," tutur Rama. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 7: Gowes di Luar Negeri Belum Tentu Lebih Mahal

Audionya bisa didengarkan di sini


COMMENTS