Tips Tuesday: Ring Besar, Gir Kecil untuk Foto

Ini basic banget, tapi kita kadang males banget melakukannya. Apalagi kalau sudah capek gowes. Padahal, secara umum, ini dianggap sebagai "standar" mengambil foto sepeda dari samping.

Pertama, pastikan memotret sepeda dari sisi drive side. Maksudnya, sisi yang memperlihatkan grupset. Kecuali kalau memang ingin merahasiakan grupset atau komponen baru, seperti yang dilakukan beberapa pabrikan saat "membocorkan" spy shot.

Kemudian, posisikan rantai di atas chainring terbesar di depan. Dipadu dengan gir terkecil di cassette/sproket belakang. Ada juga yang memilih menaruh rantai di gir tengah, supaya posisi rantai benar-benar paralel dengan jalan. Namun, yang paling umum adalah gir terkecil di belakang.

Pastikan posisi crank kanan mengarah ke depan. Walau kadang, beberapa memilih crank ini sedikit menunjuk ke bawah (arah jam 4).

Terakhir, pastikan posisi roda rapi. Pastikan roda dan belakang logonya sejajar. Paling gampang, menempatkan pentil di posisi jam 6.

Nah, jangan lupa pilih background yang cakep. Idealnya yang tidak terlalu "ramai" supaya bisa menonjolkan sepedanya.(mainsepeda)


COMMENTS