Clarke Juara Etape Pamungkas, NTT Rebut Yellow Jersey

Will Clarke (Trek-Segafredo) membuat kejutan dengan memenangkan etape pamungkas Tour de France virtual, Minggu (19/7) malam. Sedangkan NTT Pro Cycling menjadi pemenang overall di ajang ini. Selain merebut jersey kuning, mereka juga menjadi yang terbaik di seluruh kategori.

Etape keenam Tour de France virtual digelar di sirkuit Champs-Élysées. Panjang rutenya 42,8 kilometer. Balapan pamungkas ini terbagi dalam enam lap. Mulanya Emils Liepins (Trek-Segafredo) dan Jimmy Janssens (Alpecin-Fenix) mengambil intermediate sprint pertama. Tak lama mereka berhasil ditangkap kelompok pengejar.

Bruno Armirail (Groupama-FDJ) coba menyerang pada lap terakhir. Namun Filippo Ganna (Ineos) berhasil membawanya kembali ke peleton. Armirail ditemani rekan setimnya, Benjamin Thomas melancarkan manuver keduanya ketika balapan menyisakan satu kilometer.

Aksi mereka mengejutkan para sprinter. Kali ini giliran Edvald Boasson Hagen (NTT Pro Cycling) yang membawa keduanya kembali ke peleton. Pembalap NTT lainnya, Ryan Gibbons sempat melaju terdepan. Namun sebelum memasuki garis finis, ia berhasil disalip oleh Will Clarke.

Clarke finis pertama dengan catatan waktu 51 menit 44 detik. Filippo Ganna dan Ryan Gibbons menempati posisi kedua dan ketiga di etape keenam ini. Ini adalah kemenangan kedua untuk Trek-Segafredo setelah Julien Bernard berjaya di etape kedua. "Dua kemenangan adalah hasil yang bagus untuk tim," kata Clarke.

Hasil etape keenam tak banyak berpengaruh ke klasifikasi umum. NTT dipastikan merebut yellow jersey setelah memuncaki general classification. Mereka mengoleksi 500 poin. Dua tim asal Amerika Serikat, Rally Cycling (267 poin) dan Trek-Segafredo (232 poin) nangkring di urutan kedua dan ketiga.

Tak hanya mengamankan yellow jersey, NTT juga merajai points classification, mountains classification, youth classification, dan overall classification. Sebelumnya, tim asal Afrika Selatan tersebut juga menjadi juara overall di Tour for All yang diadakan Zwift awal Mei lalu.

"Tim ini luar biasa. Ini adalah kesempatan luar biasa bagi kami untuk terlibat dengan orang-orang di platform yang unik dan berbeda. Terima kasih kepada ASO dan Zwift karena telah mengadakan acara tersebut," ucap Douglas Ryder, Kepala Tim NTT. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Tour de France Virtual (Top Ten)
1. Will Clarke (Australia), Trek-Segafredo 51 menit 44 detik
2. Filippo Ganna (Italia), Ineos +0 detik
3. Ryan Gibbons (Afrika Selatan), NTT +0
4. Rasmus Tiller (Norwegia), NTT +0
5. Matteo Dal-Cin (Kanada), Rally +0
6. Max Walscheid (Jerman), NTT +0
7. Simon Clarke (Australia), EF Pro Cycling +0
8. Nickolas Zukowsky (Kanada) Rally +0
9. Edvald Boasson Hagen (Norwegia), NTT +0
10. Gijs Van Hoecke (Belgia), CCC +1

Final General classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling – 500 poin
2. Rally Cycling – 267 poin
3. Trek-Segafredo – 232 poin

Final Points classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling – 293 poin
2. Alpecin–Fenix – 143 poin
3. Mitchelton-Scott – 140 poin

Final Mountains classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling – 62 poin
2. EF Pro Cycling – 30 poin
3. Israel Start-Up Nation – 28 poin

Final Youth classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling – 51 poin
2. Team Ineos – 47 poin
3. Groupama - FDJ – 38 poin

Final Team classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling – 932 poin
2. Rally Cycling – 398 poin
3. Trek-Segafredo – 360 poin

Episode Kelima Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray: Apa Upgrade Sepeda Paling Penting?

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO, NTT


COMMENTS