Kolom Sehat: Feeling Good dan Musik soal Sepeda

Feeling good, like I should
Went and took a walk around the neighborhood...

Banyak pembaca mungkin paham penggalan lirik dari lagu Sunday Best yang dinyanyikan oleh Surfaces itu. Iramanya yang santuy, mengalir dan membuat badan ingin joget kecil ini kembali menyita perhatian saya.

Setelah didengar liriknya, benar-benar menggelitik. Menurut saya lagu ini, walau tidak menyebut kata "sepeda," sangat cocok untuk dibuat tema bersepeda kita. Bagaimana tidak, judulnya saja Sunday Best. Hari di mana banyak cyclist menikmati acara bersepeda dan melepas stres. Disebutkan pula di dalam liriknya, bahwa semua orang pernah jatuh dan it's OK!

Nah, musik adalah bagian dari kehidupan kita. Musik juga hasil dari kebudayaan manusia. Alat untuk mengungkapkan keindahan, protes sosial, atau ungkapan hati lainnya.

Tentu saja, musik juga menyentuh ranah bersepeda. Entah kita sadari atau tidak. Ada beberapa lagu yang jelas-jelas membahas sepeda. Beberapa lagu itu saya bahas di bawah ini:

1. Bike Song, Mike Ronson and Business Intl
Lagu yang dirilis pada 2010 ini dipakai untuk mempromosikan bersepeda di situ Transport for London pada kala itu. Dalam video musiknya, dengan nuansa jadul, terlihat beberapa seleb bersepeda mengelilingi beberapa bagian kota London yang terkenal. 

Gonna ride my bike until I get home...” 

Lirik itu ada benarnya. Akan terasa lebih benar bila kita baru menuntaskan acara gowes berat, merasa sangat lelah, tapi tetap harus gowes untuk sampai di rumah lagi alias tidak ada loading-an. Wkwkwkwk...

2. Bicycle Song, Red Hot Chili Peppers
Grup rock yang terkenal dengan lagu Under The Bridge ini juga punya lagu soal sepeda, yang dimasukkan dalam digital bonus track album By The Way yang dirilis tahun 2002. “How could I forget to mention? The bicycle is a good invention,” begitu bunyi liriknya.

3. Sepeda, Ran
Musikus tanah air juga membahas sepeda. Grup musik Ran sudah membuat lagu soal sepeda ini pada 2011 dalam album mereka Hop3. Ini mewakili boom sepeda di era 2010-an, tapi kembali relevan untuk didengarkan sekarang. Lagunya juga asyik mengajak kita semua bersepeda keliling Jakarta. Jadi musikus kota-kota lain semoga membuat lagu bersepeda di daerah lain.

4. Bicycle Race, Queen
Kalau band yang satu ini sudah sangat legendaris. Hampir semua orang kenal dan hafal karya-karyanya. Om Freddie juga menulis sebuah lagu mengenai sepeda denga irama khas Queen. Liriknya khas dan sangat kuat, cermin protes dan pendapat kala itu dalam lagunya terbersit kata-kata: “I don’t believe in Peter Pan, Frankenstein or Superman. All I wanna do is Bicycle.” 

Dalam lagu ini juga ada protes politik kala itu dan sebaris menyinggung pesepeda wanita. Layak untuk didengarkan lagi dan lagi.

Daftar di atas itu hanya sebagian dari sekian banyak lagu yang membahas sepeda. Semoga ke depan karya musik ini juga bertambah koleksinya seiring bertambahnya cyclist di jalanan.

Kembali ke Feeling Good, sesuai lagunya yang berjudul Sunday Best, semoga hari minggu besok ini saya bisa tetap feeling good. Pasalnya, hari Sabtu sebelumnya teman-teman punya rencana gowes luar biasa, yang tampaknya akan membuat saya sulit sekali untuk feeling good... (Johnny Ray)

PS: Musik memang asyik, tapi ketika gowes, tolong jangan mengenakan earphone. Ini salah satu kebiasaan yang sangat berbahaya ketika di jalan. Sekali lagi, jangan pakai earphone, supaya kita lebih sadar sekeliling saat di jalan dan aman sepanjang perjalanan!

Episode Kelima Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray: Apa Upgrade Sepeda Paling Penting?

Audionya bisa didengarkan di sini

 


COMMENTS