4 Keuntungan Bersepeda Indoor, Cocok untuk #StayAtHome

Ingin tetap bersepeda tanpa harus meninggalkan rumah? Indoor cycling jawabannya. Bersepeda indoor adalah solusi terbaik di tengah pandemi coronavirus seperti saat ini. Aktivitas ini sangat efektif untuk memutus rantai penyebaran virus yang berasal dari Tiongkok tersebut.

Dulu, bersepeda indoor hanya dianggap sebagai bagian dari latihan. Tujuannya untuk menjaga kondisi tubuh. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, termasuk maraknya aplikasi bersepeda seperti Zwift, membuat cyclist bisa merasakan sensasi balapan dari dalam rumah.

Sekarang, bersepeda indoor menjadi aktivitas menyenangkan walaupun hanya dilakukan di rumah. Anda bisa memilih rute balapan favorit Anda. Anda pun dapat merekam aktivitas bersepeda di dalam ruangan, berbagi data, serta membandingkan pencapaian Anda dengan cyclist lainnya.

Alan Milway, pelatih balap sepeda asal Inggris, memberikan alasan mengapa kita harus bersepeda indoor. Milway adalah pelatih yang mengantarkan Rachel Atherton meraih lima gelar juara dunia downhill.

1. Efisiensi Waktu

Faktor utama yang membuat bersepeda indoor harus dipilih adalah efisiensi waktu. Anda benar-benar dapat melakukannya sewaktu-waktu. Baik itu pagi, siang, atau malam. Anda juga dapat mengatur pola bersepeda sesuai dengan kesibukan Anda. Anda dapat melakukannya sebelum jam kerja, atau setelah bekerja.

"Faktor kunci untuk meningkatkan kinerja dan kebugaran adalah berlatih secara konsisten dan teratur. Anda dapat memiliki rencana pelatihan terbaik, perlengkapan terbaik, dan ambisi terbaik. Tetapi pengaruh terbesar dalam mencapai tujuan Anda adalah konsistensi," jelas Milway.


2. Bersepeda Tanpa Gangguan

Ketika bersepeda indoor, Anda dapat mengatur kapan waktu untuk berhenti. Kemudian menghitung berapa lama masa istirahat Anda. Dengan demikian, waktu Anda benar-benar difokuskan untuk bersepeda. Bukan untuk hal lain seperti berhenti untuk menunggu, atau mengobrol.

"Aspek sosial atau dinamika kelompok dapat mendikte efisiensi bersepeda. Juga dapat mengejutkan betapa sedikit bersepeda yang sebenarnya dilakukan dalam perjalanan dua setengah jam!" katanya dalam laman redbull.


3. Medan Bersepeda yang Sempurna

Karena dilakukan di dalam rumah, bersepeda indoor membuat Anda tak perlu bersaing dengan kendaraan bermotor. Aktivitas ini menghindarkan Anda dari bahaya bersepeda di jalan raya.

Keuntungan lainnya adalah, Anda tidak perlu bertemu dengan berbagai halangan yang tidak bisa diprediksi. Seperti jalan yang bergelombang atau berlubang, angin kencang, hujan lebat, bahkan lampu lalu lintas. Ketiadaan halangan tersebut membuat Anda bisa fokus bersepeda, dan mencapai target yang diinginkan.

"Saya merencanakan banyak sesi bersepeda di dalam ruangan. Hasilnya, mereka akan mendapatkan sesi yang lebih baik, dan stimulus pelatihan yang lebih akurat dengan cara itu," ujar Milway.

 

4. Tak Terpengaruh Cuaca

Salah satu keuntungan bersepeda indoor adalah tak perngaruh cuaca. Kini, Anda tak perlu membatalkan rencana bersepeda karena hujan ekstra deras tiba-tiba turun. Bersepeda indoor juga menghindarkan Anda dari panas terik matahari.

"Membuang faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi Anda dalam bersepeda, akan membantu meningkatkan volume pelatihan Anda," tutur Milway.(mainsepeda)


Foto: Cycling Weekly, Zwift


COMMENTS