Jumbo-Visma Raih Kemenangan Pertama Musim ini di Valencia

 

Pembalap asal Team Jumbo-Visma, Dylan Groenewegen menjadi yang tercepat pada etape pertama Volta a la Comunitat Valenciana 2020. Groenewegen menyelesaikan balapan sejauh 180 kilometer dengan catatan waktu 4 jam 7 menit 40 detik.

Volta a la Comunitat Valenciana, alias Tour of Valencia telah berlangsung sejak 1929. Ini adalah balapan UCI ProSeries kedua tahun ini. Rangkaian agenda UCI ProSeries 2020 telah dibuka pada akhir Januari lalu di balapan Vuelta a San Juan di Argentina.

Seperti halnya Vuelta a San Juan, balapan di Valencia juga diikuti sejumlah tim WorldTour. Sebut saja Bahrain McLaren, Mitchelton-Scott, Deceuninck - Quick Step, INEOS, UAE-Team Emirates, CCC, Israel Start-Up Nation, Jumbo-Visma, Lotto Soudal, AG2R La Mondiale, Movistar, dan Astana.

Etape pertama Volta a la Comunitat Valenciana 2020 start dari Castello dan finis di Vila-Real. Para pembalap hanya menghadapi satu tanjakan bernama Aldo del Marianet. Tanjakan ini sepanjang 3.8 kilometer, dengan gradien 5.2 persen.

Empat pembalap, yakni Cédric Beullens (Sport Vlaanderen-Baloise), Julen Irizar (Fundación-Orbea), Diego Sevilla (Kometa Xstra), dan Cristian Scaroni (Gazprom-RusVelo), memimpin balapan pada 30 kilometer pertama. Kelompok ini baru tertangkap peloton pada 20 kilometer jelang finis.

Sejumlah pembalap coba melakukan breakaway pada beberapa kilometer terakhir. Akan tetapi, usaha mereka selalu digagalkan oleh peloton. Fabio Jakobsen (Deceuninck - Quick Step) coba menusuk di penghujung lomba.

Namun kemenangan yang sudah di depan mata harus musnah. Dylan Groenewegen berhasil melesat ke depan, dan finis pertama. Jakobsen dipaksa puas di posisi kedua. Sedangkan tempat ketiga direbut Alexander Kristoff dari UAE-Team Emirates.

Groenewegen mengatakan, kemenangannya tak lepas dari kerja sama tim. Menurutnya, pertarungan menjelang garis finis memang sangat sengit. "Kami berhasil memberikan kemenangan pertama untuk tim. Itu sangat bagus," ujarnya. Kemenangan ini membuat Groenewegen akan mengenakan jersey kuning di etape kedua.

Hasil Etape Pertama Volta a la Comunitat Valenciana 2020 (Sepuluh Besar)

1. Dylan Groenewegen, Jumbo-Visma, 4 jam 07 menit 40 detik
2. Fabio Jakobsen, Deceuninck - Quick Step +0.00
3. Alexander Kristoff, UAE-Team Emirates +0.00
4. Ben Swift, Team INEOS +0.00
5. Juan Jose Lobato, Fundación - Orbea +0.00
6. Jon Aberasturi, Caja Rural - Seguros RGA +0.00
7. John Degenkolb, Lotto Soudal +0.00
8. Luka Mezgec, Mitchelton-Scott +0.00
9. Ivan Cortina, Bahrain McLaren +0.00
10. Lawrence Naesen, AG2R La Mondiale +0.00

Foto: Getty Images


COMMENTS