Caleb Ewan Tak Terbendung, Daryl Impey Curi Waktu

Sprinter bintang Australia, Caleb Ewan, kembali meraih sukses di negeri sendiri. Pembalap Lotto-Soudal itu berhasil merebut Etape 2 Tour Down Under (TDU) 2020, Rabu (22/1). Dia sama sekali tak terbendung, melejit tanpa lawan pada kilometer terakhir etape 135,8 km dari Woodside ke Stirling tersebut.

Ewan finis di depan Daryl Impey (Mitchelton-Scott), yang mencoba sprint duluan tidak jauh sebelum garis finis. Nathan Haas (Cofidis) finis di urutan ketiga.

Etape 2 TDU 2020 ini di atas kertas memang bisa jadi milik para sprinter. Namun, rutenya tidak "semudah" etape pembuka, yang bisa dibilang sangat datar. Etape kedua ini memiliki lebih banyak jalanan rolling alias naik turun. Membuat para sprinter harus berjuang keras untuk bertahan di depan peloton.

Benar saja, pada km-km terakhir, peloton mulai terpecah belah. Kemudian kecelakaan massal terjadi di tengah peloton, hanya 1,4 km dari finis. Kelompok terpisah pun tersisa di depan untuk mengejar kemenangan.

Sadar banyak pesaing tercecer, Mitchelton-Scott berupaya memaksimalkan peluang. Cameron Meyer bekerja keras "menarik" Impey, kemudian mengantarkan sang juara bertahan lomba untuk melakukan sprint.

Namun, tak ada yang mampu menyaingi kecepatan Ewan. Dari belakang, pembalap berdarah Korea-Australia itu melejit tak terbendung menuju kemenangan.

Saking cepatnya, kelompok depan ini mencatat speed rata-rata 67,9 km/jam pada kilometer terakhir lomba!

Bagi Ewan, ini adalah sukses keduanya di awal 2020. Minggu lalu (19/1), dia meraih kemenangan di Schwalbe Classic, sebuah kriterium pemanasan di tengah kota Adelaide. Kemenangan ini sekaligus membalas kegagalan adu sprint di etape pembuka, Selasa (21/1).

Menurut Ewan, timnya melakukan pertemuan usai etape pembuka. Menganalisa mengapa mereka gagal melaju di depan. Pertemuan itu membuahkan hasil. "Teman-teman bekerja sempurna hari ini. Mereka melakukan segala hal yang saya butuhkan," ucapnya.

Ewan menegaskan, etape ke Stirling ini lebih berat dari etape pembuka. Dan itu dia sampaikan ke rekan-rekan setim. "Etape ini adalah etape berat. Saya akan membutuhkan segala bantuan," tukasnya.

Bagi Impey, sukses ini sangat penting dalam upayanya untuk kembali meraih hat-trick juara overall. Dengan finis di urutan kedua, Impey meraih bonus waktu enam detik. Memberinya "tabungan" waktu atas para unggulan general classification (GC) yang lain, seperti Richie Porte (Trek-Segafredo) dan Rohan Dennis (Team Ineos).

Usai etape kedua ini, Ewan untuk sementara mengenakan ochre jersey (oranye) sebagai pimpinan lomba. Namun, jangan kaget kalau urutannya berubah total usai Etape 3 Kamis ini (23/1).

Etape 3 ini merupakan salah satu etape paling menentukan. Jaraknya hanya 131 km dari Unley, tapi berakhir di tanjakan pendek nan curam Paracombe. Tanjakan itu panjangnya hanya 1,2 km, tapi kemiringan rata-ratanya mencapai 9 persen. Bahkan, pada 1 km-nya, hampir selalu di angka 12 persen, baru melandai menjelang finis.

Para unggulan overall akan berebut posisi sebaik mungkin menjelang tanjakan ini. Kemudian tancap gas, tahan-tahanan sampai ke puncak. Dia yang meraih ochre jersey di penghujung Etape 3 ini akan berpeluang besar meraih juara overall di penghujung TDU 2020. (mainsepeda)        

Hasil Etape 2 Tour Down Under 2020 (Top Ten)

1. Caleb Ewan (Australia) Lotto Soudal 3:27:31

2. Daryl Impey (Afrika Selatan) Mitchelton-Scott

3. Nathan Haas (Australia) Cofidis Credit Solutions

4. Jasper Philipsen (Belgia) UAE Team Emirates

5. Fabio Felline (Italia) Astana

6. Andrea Vendrame (Italia) AG2R La Mondiale

7. Timo Roosen (Belanda) Jumnbo-Visma

8. Luis Leon Sanchez (Spanyol) Astana

9. Diego Ulissi (Italia) UAE Team Emirates

10. George Bennett (Selandia Baru) Jumbo-Visma

 

General Classification usai 2 dari 6 Etape

1. Caleb Ewan (Australia) Lotto Soudal 6:56:15

2. Sam Bennett (Irlandia) Deceuninck-QuickStep 0:00:00

3. Daryl Impey (Afrika Selatan) Mitchelton-Scott 0:00:01

4. Jasper Philipsen (Belgia) UAE Team Emirates 0:00:04

5. Nathan Haas (Australia) Cofidis Credit Solutions 0:00:05

6. Jarrad Drizners (Australia) UniSA 0:00:07

7. Dylan Sunderland (Australia) NTT Pro Cycling 0:00:08

8. Chris Lawless (Inggris) Team Ineos 0:00:08

9. Jay McCarthy (Australia) Bora-Hansgrohe 0:00:08

10. George Bennett (Selandia Baru) Jumbo-Visma 0:00:09

Foto-Foto: Santos Tour Down Under @cauldphoto


COMMENTS