Kolom Sehat: Belok Kiri Bebek, Belok Kanan Kaldu Sumsum

Sampai hari ini, jembatan terpanjang di Indonesia adalah jembatan Surabaya-Madura atau yang biasa disebut Jembatan Suramadu. Sebuah landmark yang iconik, menjadi kebanggaan Jawa Timur sejak diresmikan pada 10 Juni 2009.

Banyak yang jauh-jauh datang dari luar kota, bahkan luar pulau, untuk sekadar datang dan berfoto di sekitar jembatan ini. Jembatan yang panjangnya hampir 5,5 km, lebar 30 meter dan tinggi 146 meter.

Pada awalnya, pengguna jalan harus membayar untuk melewatinya. Tapi sejak 27 Oktober 2018, pemerintah telah menggratiskan penggunaannya.

Dulu, sepeda angin tidak diperbolehkan melewatinya. Kecuali saat event-event khusus, seperti Gran Fondo Suramadu. Sekarang, sepeda angin sudah bisa lewat. Yaitu menggunakan jalur khusus sepeda motor.

Saya ingat betul ketika jembatan ini belum ada. Kalau mau menikmati Bebek Sinjay dengan bersepeda di Kota Bangkalan, kita harus sabar menunggu kapal feri, bersesak-sesakan di kapal, lalu terombang-ambing sambil ditawari kopi seduhan dan kacang, kwaci, permen, dan lain-lain. Supaya tidak sia-sia menyeberang, ketika pulang membontot sepuluh paha dan sepuluh dada bebek.

Sekarang beda. Bangkalan dapat dicapai dalam waktu kurang dari 30 menit menggunakan sepeda angin. Bahkan, rute ke Bangkalan menjadi salah satu rute populer cyclist Surabaya. Khususnya yang tinggal di kawasan Surabaya Timur.

Ada yang menamai rute ini "Salome" alias "Selasa Bangkalan Loop Rame-Rame." Setiap Selasa, gowes menyeberangi jembatan, melaju terus hingga ujung dan bertemu pertigaan (sekitar 11 km). Kalau ke kiri, arah Kota Bangkalan. Kalau ke Kanan, menuju Sampang. Dalam bahasa makan, ke kiri adalah Bebek Sinjay, ke kanan adalah Kaldu Sumsum Alghozali.

Bagi pesepeda, bisa mencoba rute ini Selasa atau Kamis pagi. Saran saya, selalu bawa ban dalam cadangan dan pompa mini, karena sepanjang rute tidak ada tambal ban. Juga relatif sepi, apalagi di pagi hari. Juga saya sarankan tidak sendirian, demi alasan keamanan saja.

Bangga juga jadi cyclist yang tinggal di Surabaya. Tidak ada kota lain yang menawarkan rute gowes menyeberangi jembatan sepanjang ini. Silakan mencoba kalau penasaran. Dan ingat selalu ketika sampai pertigaan: Belok kiri Bebek Sinjay, belok kanan Kaldu Sumsum! (johnny ray)