Brompton, sepeda lipat terkenal asal Inggris ini memiliki edisi spesial, CHPT3. Yang merupakan hasil kerjasama Brompton dan David Millar, mantan pembalap profesional di arena Worldtour.

Di Indonesia, banyak penggemar CHPT3 dan mereka membentuk klub sendiri dengan nama Brompchpt3rs Indonesia. Untuk memperingati ulang tahun pertama klub ini, mereka mengadakan ride dari Jakarta menuju Bogor. Even ini bertajuk Brompchpt3rs Indonesia 1st Anniversary Ride – Part 1 “Bogor Birthday Getaway”

Ardra Teja B., salah satu founder Brompchpt3rs Indonesia ingin konsep acara ulang tahun ini berbau cycling jadi fokus pada bersepedanya. “Tidak jauh hanya 43 km dan mengambil start dari Cilandak Townsquare lalu finis di Lemongrass Resto Bogor,” bilang Ardra

Meskipun jarak tidak terlalu jauh, tetapi karena sifatnya adalah fun dan mempertimbangkan kemampuan anggota yang tidak semuanya sama. Maka dibagi menjadi tiga pitstop.

Ardra juga mewadahi para penggila kecepatan, maka 5 km sebelum finis disediakan speed zone. Silahkan kebut-kebutan menuju Lemongrass Resto.

Acara yang digalang dari anggota untuk anggota ini tidak melibatkan sponsor. Jadi peserta diwajibkan membeli jersey dan cycling cap seharga Rp. 575 ribu (termasuk paket full support ride, dokumentasi, doorprize, dan makan siang). Dana dari situ dikelola untuk membuat acara ulang tahun ini semeriah mungkin.

“Sengaja jersey dan cycling cap dibuat berkualias dan berkolaborasi dengan BOGI dengan desain edisi khusus first anniversary biar bisa jadi kenang-kenangan,” imbuh Ardra yang turut mengonsep acara ini hanya dalam tiga minggu saja.

Uniknya, meskipun 80 cyclist membeli jersey dan cycling cap ini, tapi banyak juga yang membeli tapi tidak ikut evennya. “Mereka hanya mau sebagai memorabilia. Dan banyak dari anggota kami yang tidak di Jakarta. Jadi mereka menyumbang demi kesuksesan ulang tahun pertama kami,” jelas Ardra.

Acara kian meriah, banyak anggota Brompchpt3rs Indonesia yang menyumbangkan barang-barang untuk jadi doorprize.

Mayoritas doorprize adalah aksesori produk orisinil dari CHPT3. Ada lebih dari 10 member yang memberikan hadiah. Juga dari komunitas lain seperti Brow, BPJSTK, Spinwarriors, Ryan, dan BOGI. Sepeda2Roda dan Hotel Santika turut memberikan sponsor berupa hadiah doorprize.

“Grand prize adalah helm POC CHPT3 Edition sumbangan dari om Ramdanus. Barang berharga ini berhasil dimenangkan oleh Asep Sule setelah bersaing dengan lima cyclist lain dalam lomba adu cepat membuka lipatan Brompton,” bilang Ardra.

Mayoritas peserta Brompchpt3rs Indonesia 1st Anniversary Ride ini sangat puas. “Ride nanjaknya oke tapi peloton tetap stabil dan teratur,” puji Anang NT. Malah, Rubianto menantang panitia untuk membuat even serupa 10 kalipun Rubianto akan ikut karena puas dengan acara pertama ini. Acara ini turut mengundang perwakilan komunitas Brompton Bogor “Bromptenzorg” selaku tuan rumah.

Ardra menambahkan acara ini adalah acara ke-15 yang diadakan oleh Brompchpt3rs Indonesia. Acara pertama hingga 14 adalah acara klub kecil-kecilan riding keliling Jakarta. Baru acara ke-15 ini dibuat besar karena sekaligus sebagai acara ulang tahun. “Bakal ada kelanjutannya, nih. Seri dua dan tiga. Tunggu aja!” tutup Ardra. (yudy hananta)

Ramdanus.


COMMENTS