Tips Supaya Cyclist Perempuan Tetap Cantik
by Andhina Ayuningtyas - March 12, 2018

Tidak mudah bagi seorang perempuan untuk memutuskan hobi bersepeda. Salah satu alasan utama: Harus banyak di luar, terekspose matahari dan berbagai elemen seperti polusi. Andhina Ayuningtyas, 30, punya resep agar cyclist cewek selalu tampil menawan, segar, ceria. Berikut cerita lulusan sekolah pilot Deraya Flying School tersebut:

 

 

Sejak kapan suka outdoor activities?

Sejak lima tahun lalu saya suka gowes MTB dan road bike serta trail run. Waktu kecil saya bisa main sepeda dari pulang sekolah sampai maghrib tiba. Zaman dulu masih ngetrend sepeda Federal dan milik saya berwarna biru. 

Apa yang membuat suka bersepeda?

Saya kecil dan dibesarkan di Bogor, kota hujan yang memiliki beberapa pegunungan. Saya sangat mengagumi keindahan alam terutama pegunungan. Saat sedang sedih, apabila melihat gunung, sedih saya menjadi sirna. Karena kecintaan saya terhadap gunung maka saya pada awalnya memilih MTB dan lari trail sebagai olahraga favorit. Walau pun saat ini saya mulai melirik dan jatuh cinta kepada road bike dan road run juga.

 

 

Sering aktivitas outdoor nggak takut kulit rusak, menjadi hitam atau kusam?

Pada awalnya, jujur saya takut sekali kulit saya menjadi hitam

dan belang-belang. Karena saat itu saya sudah menjadi sekretaris di perusahaan LNG berkantor di Senayan, Jakarta. Setiap perempuan yang kerja di sana semua kece.

Pergi ke kantor layaknya pergi ke pesta. Pagi-pagi sebelum berangkat kantor ke salon dulu untuk cuci blow rambut, Atau kalau tidak sempat pagi, maka waktu makan siang dikorbankan untuk ke salon. Saya pun pernah menjalani gaya hidup yang seperti itu selama di sana.

Namun karena rasa cinta saya terhadap sepeda dan lari trail, membuat rasa takut akan nggak kece saya menghilang.

Selalu ada rasa bahagia yang timbul setiap saya habis bersepeda atau berlari, membuat saya ingin melakukan hal itu lagi dan lagi dan lagi. Terlebih lagi saya sempat beberapa kali menjuarai acara lari trail dan sekali sepeda XC (cross country). Hal ini membuat saya semakin mencintai kedua olahraga ini.

Perempuan cantik itu yang seperti apa menurut Dhina?

Persepsi saya tentang perempuan cantik itu adalah perempuan yang aktif, bahagia, dan bisa merawat diri. Nggak peduli apa warna kulit kamu, asalkan kamu bahagia dan bisa merawatnya, kamu adalah perempuan cantik.

 

 

Berbekal dari persepsi saya tadi, maka sebagai perempuan saya juga harus tetap melakukan perawatan agar kulit dan tubuh saya terlindungi dari radikal bebas.

***

Tips Perawatan ala Andhina

Cewek yang jago membawa pesawat Cessna 172 dan Piper Warrior PA28 ini punya beberapa tips tentang perawatan kulit rutin yang dilakukan selama berolahraga outdoor:

1. Facial atau microdermabrasi

Saya rutin melakukan ini 3 minggu sekali atau 1 bulan sekali di dokter kulit untuk wajah saya. Hal ini bisa dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. 

2. Memakai krim malam

Krim malam penting menurut saya, karena pada malam hari kulit kita beregenerasi, krim malam dapat memerangi tanda tanda penuaan yang kita dapat dari radikal bebas saat kita bersepeda outdoor

3. Memakai pelembab wajah dan sunscreen ber-SPF

Wajah kita perlu pelembab agar tidak kering dan terjaga kelembabannya dan kita juga perlu suncreen yang ber-SPF untuk melindungi kulit kita dari UVA dan UVB. Sejujurnya, selama 5 tahun ini karena saya ogah repot menggunakan pelembab dan sunscreen untuk wajah, jadi saya selalu menggunakan CC (Correction Complete) Cream produk Chanel SPF 50. Di dalam nya sudah ada pelembab dan sunscreen ber-SPF 50. 

4. Memakai masker wajah

Kalau cuaca di luar lagi ekstrem panasnya, pulang bersepeda saya biasa mandi dan cuci muka lalu pakai masker Glam Glow yang berwarna hijau. Kulit wajah saya langsung terasa rileks.

 

 

Saya biasanya menggunakan masker wajah seminggu sekali. Masker wajah bisa membuat wajah kita menjadi kencang dan menghambat efek buruk radiasi sinar UV seperti penuaan dini, menggangkat komedo dan sel kulit mati. 

5. Mencuci muka

Setiap habis bersepeda wajib mencuci muka menggunakan facial wash, hal ini dilakukan agar debu, kotoran, dan keringat yang menempel hilang dan wajah kita menjadi bersih dan segar kembali. Bisa juga pakai seperti milk cleanser, facial wash, dan toner untuk kebersihan wajah yang menyeluruh. Tapi aku biasanya cukup pake produk dari Kiehl’s ultra facial cleanser atau kadang pakai toner dari Pixi glow tonic

6. Untuk bibir

Saya biasanya pakai The Body Shop Vitamin E lip care stick dengan SPF15 untuk menjaga kelembaban bibir saya. Setelah itu untuk memberi warna segar yang tahan lama saya memakai Chanel Rouge Allure ink nomor 142 dan 144. 

***

Perawatan lain-lain ala Andhina  

1. Sunblock

Ini yang paling penting saat kita bersepeda. Sunblock melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari. Radiasi matahari yang buruk biasa terjadi pada pukul 10.00-16.00. Pilihlah sunblock dengan SPF tinggi mengingat aktivitas kita bisa memakan waktu yang banyak apalagi saat long ride. Pilihlah sunblock yang waterproof karena kita tidak tahu saat tiba-tiba cuaca hujan.

Sunblock ini akan menjadi lebih efektif apabila kita melakukan pengolesan berulang di tubuh kita setiap 2-3 jam sekali atau mengikuti SPF yang kita pakai. Kalau menggunakan SPF rendah maka harus lebih sering mengulangi pengolesannya. Kenali juga jenis kulit, kalau cenderung berminyak atau berjerawat lebih baik menggunakan sunblock berbasis gel atau spray.

 2. Body Scrub

Sebenarnya secara alami kulit kita regenerasi selama 14-21 hari, namun karena sering terpapar sinar matahari saat bersepeda dapat membuat kulit kita menjadi kering, kusam, dan kasar. Scrub membantu mengurangi efek tersebut. Saya sering pakai scrub dari Mustika Ratu yang zaitun atau kopi. Scrub juga ampuh melawan belang-belang kulit kaki dan tangan kita yang diakibatkan saat bersepeda.

3. Body Lotion

Body lotion dapat mengembalikan kelembabkan kulit kita yang hilang akibat terlalu sering terpapar sinar matahari. Pemakaian body lotion sebaiknya diaplikasikan ketika setelah mandi. Karena saat mandi tubuh kita kehilangan kelembaban alaminya karena penggunaan body wash.

Saya pribadi lebih suka body oil, khasiatnya sama seperti body lotion untuk melembabkan kulit. Saya pakai almond supple skin dari L’Occitane. Body oil ini bisa mengencangkan dan menghaluskan kulit, terlebih saya sangat suka dengan wangi almond-nya yang sangat menenangkan. 

4. Untuk rambut

Setiap habis bersepeda wajib hukum nya mencuci rambut kita. Marena di sana banyak tumpukan keringat, debu, dan kotoran yang bisa menimbulkan bakteri. Jenis rambut saya cenderung kering sehingga saya memerlukan conditioner dan masker sebagai perawatan tambahan untuk rambut. Produk rangkaian perawatan rambut dari Kerastase yang warna hijau tua untuk rambut rusak. Dan memang terbukti ampuh untuk mengatasi masalah rambut saya. (mainsepeda)


COMMENTS