Mathieu van der Poel Menang Dwars door Vlaanderen
by - April 04, 2019
Mathieu van der Poel Menang Dwars door Vlaanderen
by MainSepeda - April 04, 2019

Tim-tim WorldTour kecolongan di Dwars door Vlaanderen, balapan pemanasan terakhir menjelang Tour of Flanders, Rabu, 3 April. Tampil sebagai juara adalah Mathieu van der Poel, dari tim Pro Continental, Corendon-Circus.

Balapan 183 km dari Roeselare menuju Waregem, Belgia, ini memang banyak disoroti. Karena di lomba inilah kandidat juara balapan Monument Tour of Flanders (Minggu, 7 April) biasanya kelihatan. Dwars door Vlaanderen melewati sebagian rute yang sama, tanjakan berbatu yang sama.

Tapi tahun ini, barisan breakaway barisan mencuri kemenangan. Pada bagian akhir lomba, ada lima pembalap yang mampu menjaga jarak dari peloton. Selain Van der Poel ada tiga pembalap kondang dari tim-tim WorldTour. Yaitu Lukas Postlberger (Bora-Hansgrohe), Bob Jungels (Deceuninck-QuickStep), dan Tiesj Benoot (Lotto-Soudal). Plus Anthony Turgis dari tim Pro Continental Direct Energie.

Pada km terakhir, mereka unggul hampir satu menit di depan peloton. Mereka pun bisa main kucing-kucingan, saling memancing untuk melejit ke garis finis.

Pada akhirnya, Van der Poel melakukan sprint dengan timing yang pas. Dia menang di depan Turgis.

Bagi pembalap Belanda berusia 24 tahun itu, ini adalah kemenangan terbesar dalam karirnya. Kemenangan pertamanya di lomba kategori WorldTour. Usai lomba, dia ditanya apakah dirinya merasa bisa jadi unggulan menghadapi Tour of Flanders Minggu nanti. Jawabannya simpel, cepat, dan sederhana.

“Entahlah. Saya tidak melihat diri saya sebagai unggulan. Lomba ini ‘hanya’ 183 km. Tour of Flanders jauh lebih panjang (250 km),” ucapnya. (mainsepeda)

HASIL DWARS DOOR VLAANDEREN (TOP TEN)

1. Mathieu van der Poel (Belanda), Corendon-Circus

2. Anthony Turgis (Prancis), Direct Energie

3. Bob Jungels (Luksemburg), Deceuninck-QuickStep

4. Lukas Postlberger (Austria), Bora-Hansgrohe

5. Tiesj Benoot (Belgia), Lotto-Soudal

6. Luke Rowe (Inggris), Team Sky

7. Danny van Poppel (Belanda), Jumbo-Visma

8. Yves Lampaert (Belgia), Deceuninck-QuickStep

9. Christophe Laporte (Prancis), Cofidis, Solutions Credits

10. Heinrich Haussler (Australia), Bahrain-Merida

Foto : bettini

 


COMMENTS