Buat pengguna MTB, ada ‘mainan’ baru yang high tech dan keren. Tapi produk bikinan Archer D1x Component ini hanya cocok digunakan untuk MTB bersistem 1x (one by) alias crank depan 1 biji. Cukup mainkan sproket belakang untuk mengatur speed.

Terinspirasi dari Sram eTap yang wireless, perusahaan asal Amerika ini membuat part nirkabel. Terdiri dari dua komponen yaitu shifter yang dipasang di chainstay dan dan remote yang dipasang di handle bar.

Diklaim cocok digunakan untuk grupset (utamanya RD-Rear Derailleur) apapun baik Sram atau Shimano. Karena cara kerjanya adalah menggantikan kabel kawat panjang yang menghubungkan antara RD dan shifter di handle bar.

Jadi kotak hitam elektonik seharga USD389 yang disebut sebagai shifter itu dipasang di dekat RD dan di dalam shifter itu dilengkapi mini motor yang berfungsi menarik dan mengulur kabel kawat untuk mengubah posisi RD.

Perubahan tarik atau ulurnya kabel kawat itu berdasarkan perintah dari remote yang ditekan dengan jari seperti menekan shifter Shimano atau Sram elektrik.

Untuk ‘mengawinkan’ antara shifter dengan remote harus menggunakan smartphone dan sistem bluetooth. Karena menggunakan elektrik, diklaim perpindahan gigi akah lebih presisi, halus dan cepat. 

Bobotnya? Remote D1x diklaim hanya 70 gram sudah termasuk baterai AAA sedangkan shifter hanya 193 gram (termasuk 2 buah baterai AA). Mungkinkah komponen ini bisa digunakan untuk roadbike? (mainsepeda)


COMMENTS