Grupset 13-Speed Rotor sekarang Ada untuk MTB
by MainSepeda - April 14, 2019

Rotor, produsen komponen sepeda asal Spanyol ini tidak hanya membuat grupset 1x13 hanya untuk road bike. Tapi sudah dikembangkan juga untuk sepeda MTB (mountain bike) dengan nama Rotor 1x13 Mountain Bike.

Menggunakan rear derailleur yang sama dengan versi road bike, tapi ada yang unik yakni tombol “kembali ke awal.”

Cara kerjanya adalah, saat ingin melepas roda belakang, tinggal tekan tombol ini maka tangkai derailleur akan membawa rantai ke posisi gir paling kecil hanya dengan satu dua kali putaran roda.

Hal ini membuat proses mengganti roda belakang jadi lebih mudah dan cepat. dibandingkan dengan apabila harus memutar roda dan memindahkan rantai ke posisi gir kecil dengan cara menekan shifter.

Shifter Rotor ini juga unik. Ada dua tuas dengan fungsi yang sama. Ketika bersepeda normal, tuas utama sangat mudah dijangkau dengan jempol dan cara mengoperasikannya sama dengan shifter road bike. Tekan sedikit akan membuat rantai berpindah menjadi lebih berat (gir kecil). Didorong lebih ke dalam lagi, membuat rantai berpindah jadi lebih ringan (gir besar).

Tapi ketika melewati jalan turunan khususnya yang tajam dan cyclist duduk sangat mundur ke belakang, tombol shifter kedua yang dioperasikan dengan jari telunjuk juga berfungsi sama ini mudah dijangkau tanpa harus kehilangan pegangan di handlebar.

Sistem yang dianut oleh shifter ini adalah one-way. Jadi tuas digunakan untuk menekan oli menuju derailleur. Lalu per di dalam derailleur menekan oli kembali. Jadi hanya membutuhkan satu selang kecil yang sangat mudah disembunyikan di dalam frame.

Rotor 1x13 mountain bike ini menggunakan cassette 13 speed kombinasi 10-52. Bagian atas berbahan aluminium dan bagian bawah berbahan besi. Ketika berada di gir kecil, lompatannya lumayan banyak. Tapi akan mengecil ketika berada di gir besar.

Saat ini belum dijual umum, tapi dijadwalkan ada syuting di bulan Agustus untuk soft launching untuk digunakan beberapa atlet sepeda. Kemungkinan besar akan dilaunching di Eurobike bulan September. (mainsepeda)

 


COMMENTS