Sepeda Wow di NAHBS 2018: Altruiste
Menang Best MTB dan Best in Show
by - February 20, 2018

Setiap tahun, selama 14 tahun, North American Handmade Bicycle Show (NAHBS) memberikan penghargaan untuk sepeda-sepeda yang dianggap terbaik. Puluhan award diserahkan, untuk berbagai macam kategori. Tapi yang paling bergengsi adalah “Best in Show.” Tahun ini, pemenangnya adalah Altruiste Bicycle Company dari Kanada.

Altruiste, yang didirikan oleh Gabriel Lang dari New Brunswick, Kanada timur, bahkan memenangi dua kategori. Sepeda yang mereka pajang juga meraih gelar Best Mountain Bike.

Seperti kebanyakan “mahakarya” lain yang bertebaran di NAHBS, kita harus benar-benar memperhatikan secara detail sepeda-sepeda hebatnya. Karena seperti biasa, dari jauh kelihatan biasa-biasa saja.

Karya juara Altruiste kali ini adalah sebuah trail bike. Kenyamanan untuk jarak jauh adalah prioritas utama, walau konsekuensinya adalah “pedal bobbing” berlebihan (sensasi naik-turun saat mengayuh yang bisa mengurangi efisiensi). Untuk itu, dia menggunakan format concentric bottom bracket pivot location sebagai tumpuan swingarm. Lalu, shock dan seat tube-nya ditata secara asimetris (seat tube hanya “menghindari” shock pada satu sisi, tidak mengelilingi). Solusi ini disebut lebih kokoh dan membuat sepeda lebih ringan.

Sebenarnya, Gabriel Lang tidak eksklusif membuat MTB. Dia membuat segala macam sepeda sesuai pesanan. Mantan jagoan downhill itu pada dasarnya mengerjakan segalanya sendirian (one-man show). Kebanyakan karyanya terbuat dari bahan chromoly.

Tentu saja, Lang mengaku sangat bahagia bisa meraih sukses di NABHS 2018.

“Hanya beberapa hari lalu saya bertanya-tanya pada diri sendiri, apakah saya sanggup tampil (di NAHBS). Sekarang, para juri sudah memutuskan bahwa sepeda saya adalah MTB terbaik,” katanya via posting di Instagram. “(NAHBS) bukanlah show biasa. Di sini ada ratusan pembuat sepeda hebat dan berbakat, membawa sepeda-sepeda hebat. Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan betapa bersyukurnya saya atas penghargaan ini,” lanjutnya. (mainsepeda)


COMMENTS