Produsen sepeda asal Amerika, Cannondale, merilis frame sepeda MTB baru, Cannondale F-Si. Frame hardtail generasi kedua ini dibuat dua versi yakni Hi-Mod yang berbobot hanya 900 gram, lebih ringan 80 gram dibandingkan pendahulunya. Sedangkan versi biasa beratnya 1.100 gram.

Untuk meningkatkan kenyamanan, ukuran diameter tubing frame dibuat berbeda proposional disesuaikan ukuran frame. Bagian seatstay dibuat lebih kecil dan chainstay diperkokoh. Dudukan kaliper rem belakang dipasang horisontal di atas chainstay mirip road bike. Sehingga ada ruang yang leluasa untuk menentukan sudut seatstay.

Geometri Cannondale F-Si generasi kedua ini banyak berubah. Sudut headtube lebih rebah untuk mengakomodasi turunan dengan kecepatan tinggi. Dikombinasikan dengan lubang as roda yang lebih tinggi (fork offset) membuat tetap stabil di kecepatan rendah.

Selain frame baru, Cannondale F-Si ini menggunakan sistem sokbreker depan yang unik. Hanya satu sisi saja, sebelah kiri. Dinamakan Lefty. Yang terpasang ini adalah generasi terbaru juga, Lefty Ocho. 

Cannondale F-Si Cross Country terbaru yang dirakit dengan sokbreker Lefty seri tergress, Ocho

Dalam bahasa Spanyol, Ocho artinya delapan. Generasi ke-delapan ini mempunyai perubahan yang signifikan. Paling utama, tidak lagi double crown tapi single crown. Dan Lefty Ocho ini bisa dipasangi roda 27,5 inchi maupun 29 inchi

Double crown itu artinya sokbreker dipegang oleh dua komstir, di atas dan di bawah menjepit head tube. Nah, terbaru, Lefty Ocho ini hanya dipegang oleh satu komstir saja diposisikan di bawah headtube. Dengan single crown, membuat Lefty Ocho dapat digunakan di frame MTB selain Cannondale.

Cannondale Lefty Ocho dengan sistem single crown. 

Hilangnya komstir atas membuat Lefty Ocho lebih ringan 250 gram dibandingkan dengan Lefty generasi pendahulunya. Tentu tetap mempertahankan kekakuan (stiffness) yang sangat diperlukan oleh sebuah MTB.

Bicara bobot, Lefty Ocho adalah 1,446 gram dengan bahan karbon dan 1.735 gram dengan bahan aluminium. Sokbreker ini sedikit lebih berat dari FOX 32SC (1.327 gram) tapi lebih ringan daripada Rockshox SID (1.530 gram).

“Dengan Lefty Ocho ini kita ingin membuat sokbreker cross country terbaik. Dan itu artinya kita fokus pada suspensi dengan travel 100 mm,” bilang Greg Jakubek, Product Developer-Suspension and Component Cannondale.    

Cannondale Lefty Ocho

Selain perubahan bentuk, bagian dalam juga berubah total. Tidak lagi menggunakan empat set bearing roller (needle bearing), melainkan hanya tiga set.

Tujuannya, jelas untuk meringankan bobot serta mengurangi friksi secara signifikan. Ketiga needle bearing ini dipegang oleh rumah plastik yang ringan, disebut Delta Cage. Bearing ini berfungsi saat roda depan menginjak atau menabrak beban, maka bearing memastikan as sokbreker dapat kompresi (masuk) dan rebound (keluar) dengan mulus tanpa gesekan atau tahanan berlebihan.

Ada banyak setelan kompresi dan rebound di Lefty Ocho. Ada enam klik untuk kompresi dan ada 23 klik untuk pengaturan rebound, sesuai keinginan cyclist dan medan yang akan dilalui.

Setelan untuk mengatur rebound diletakkan di tabung sokbreker paling bawah. Sedangkan enam klik pengaturan kompresi menggunakan sistem remote sehingga dapat diatur dengan jempol dari handlebar.

Cannondale juga memperhatikan penempatan katup pengisian oli dan angin agar mudah dijangkau. Serta tidak mengganggu komponen lainnya. Seperti katup pengisian oli dipasang di samping. Menghindari menyemprot ke rem saat proses setel-menyetel.

Lubang pengisian oli dan angin dipasang di samping untuk memudahkan akses.

Problem utama pengguna MTB adalah susahnya bongkar pasang roda karena menggunakan disc brake. Tapi Lefty Ocho mudah sekali. Apabila mau ganti roda, tinggal lepas kaliper rem. Menggunakan satu kunci hex 5 mm untuk membuka dan menutup kuncian yang memegang kaliper rem dengan bodi Lefty Ocho. Jadi tidak perlu lagi setel ulang kampas rem saat bongkar pasang roda.

 Bongkar pasang roda MTB makin mudah dengan melepas kaliper rem.

Setelah delapan generasi, baru kali ini Lefty dibikin universal dengan batang steer menggunakan 1-1/8 inchi. Sehingga Ocho bisa digunakan oleh frame MTB cross country selain Cannondale F-Si. Sayangnya, Cannondale baru menjual terpisah Lefty Ocho ini 12-18 bulan lagi. (mainsepeda)

 Sokbreker Cannondale Lefty Ocho bisa dipasang di frame lain seperti Santa Cruz new Blur. 

 

 


COMMENTS