Sepeda “Batman” ala Structure Cycleworks
by - April 25, 2019
Sepeda “Batman” ala Structure Cycleworks
by MainSepeda - April 25, 2019

Apabila lakon Batman memiliki sepeda. Maka inilah sepeda yang paling cocok digowes oleh Bruce Wayne. Penampilannya yang sangar penuh dengan inovasi terutama di sektor suspensi depan. Cocok dengan kendaraan unik khas Batman.

Berbasis sepeda enduro mountain bike (MTB) full suspension, Structure Cycleworks asal Kanada menelurkan invasi baru suspensi depan menggunakan sokbreker belakang.

MTB dengan ban ukuran 27,5 ini menggunakan sistem yang dilengkapi dengan dua link full suspension. Pendeknya, suspensi belakang yang dipindah ke depan. Pun cara kerjanya juga sama. Hanya ada tambahan link yang menghubungkan dengan headtube dan handlebar untuk bisa membelok. Jadi ada 2 headtube yang menggunakan bearing Cane Creek. Satu untuk memegang roda, dan satu lagi di bagian frame. 

Sebetulnya, konsep suspensi seperti ini sudah ada dua tahun yang lalu. Bedanya waktu itu masih konsep dan belum bisa dibeli. Saat ini sudah bisa dipinang.

Suspensi teleskopik seperti yang digunakan MTB pada umumnya membuat sudut head tube lebih tegak saat suspensi bekerja. Dan Ini juga membuat wheelbase berkurang. Sehingga diklaim handling jadi kurang maksimal.

Berbeda dengan suspensi sistem Structure ini. Ketika suspensi depan bekerja maka tidak ada yang berubah dari head tube angle, trail angle, dan wheelbase. Karena menggunakan banyak link sehingga suspensi depan hanya naik turun sejajar tanpa mengubah sudut apapun.

Malah keuntungannya, cukup menggunakan sokbreker 150 mm tapi travelnya bisa terasa seperti menggunakan sokbreker panjang 180 mm. Saat dipajang sebagai sepeda konsep, rangka dan suspensi menggunakan bahan aluminium. Tapi versi produksinya menggunakan bahan karbon.

Ada tiga ukuran yang tersedia yakni small, medium dan large. Harga untuk frameset saja USD$5.995. Sedangkan harga full bike versi SRAM Eagle GX USD$8.745 dan versi SRAM Eagle XX1 mulai dari USD$10.975. (mainsepeda)

 

Foto : Structure.bike 


COMMENTS