Canyon Siapkan Penerus MTB Lux CF?
by - June 17, 2018
Canyon Siapkan Penerus MTB Lux CF?
by MainSepeda - June 17, 2018

Even sepeda kelas dunia selalu dijadikan tempat uji coba produk baru. Di even UCI World Cup Mountain Bike yang digelar di Cekoslovakia, Mathieu Van Der Poel (Correndon-Circus) menunggangi sepeda MTB purwarupa (prototipe) asal Jerman, Canyon.

Masih hitam, tidak ada grafisnya. Itulah purwarupa frame MTB Canyon XC (cross country) terbaru. Melihat sepeda ini, tidak sama dibandingkan dengan MTB Canyon lainnya.

Melihat geometri dan bentuk frame, kemungkinan besar frame purwarupa Canyon ini adalah penerus seri Lux CF.

Apabila dilihat dari geometrinya, besar kemungkinan menggantikan tipe fullsus seri Lux CF. Suspensi belakang mempunyai travel 100 mm. Dipadukan dengan suspensi depan FOX 32 Step Cast juga 100 mm.

Wheelset menggunakan 29 inchi Duke Racing bikinan Prancis. Dibungkus ban Maxxis Ikon ukuran 2,2 inchi. Suspensi belakang layak untuk diperhatikan, karena posisinya beda dibandingkan seri Lux CF.

Wheelset menggunakan 29 inchi Duke Racing bikinan Prancis dan ban Maxxis Ikon ukuran 2,2 inchi.

Frame purwarupa ini menggunakan sokbreker belakang FOX Float yang dipasang horisontal di bawah toptube. Ujung atas sokbreker ini dipasang fix ke frame. Dan Canyon mengadopsi desain single pivot yang mengandalkan fleksibilitas karbon di daerah seatstay. Canyon menyebutnya sebagai Flex Pivot.

Inovasi terbaru ada di sistem suspensi belakang yang menggunakan dobel U link.

Inovasi terbaru dari Canyon ada di dobel U-link yang menyatukan swing arm dengan sokbreker. Tombol pengaturan untuk tingkat kekerasan sokbreker belakang dipasang menghadap atas mepet dengan top tube. Membuat kabel dari sokbreker dapat langsung masuk ke frame. Jadi lebih rapi.

Sokbreker belakang FOX Float dipasang horisontal di bawah top tube.

Di head tube, dilengkapi juga dengan fitur keamanan khas Canyon yakni Impact Protection Unit. Fitur ini menghindari handlebar merusak frame saat tabrakan.

Suspensi depan menggunakan FOX 32 Step Cast 100 mm, head tube dilengkapi dengan Impact Protection Concept agar handlebar tidak merusak frame saat tabrakan terjadi.

Meskipun frame masih purwarupa, grupset dipasangi termutakhir dari Shimano. Yakni seri new XTR M9100 mechanical 2019. dengan kombinasi crank 1x 38T dengan sproket 12 speed terbagi dari 10 – 51. Nampaknya, frame Canyon ini tidak bisa mengakomodasi crank 2 speed karena tidak ada dudukan maupun space untuk FD (Front Derailleur).

Frame purwarupa Canyon ini menggunakan grupset terbaru Shimano new XTR M9100 mechanical 2019.

Meskipun grupset baru ini menyediakan penahan rantai untuk crank depan, tapi tidak digunakan. Karena Canyon XC baru sudah memasangnya menyatu dengan bearing pivot swing arm. (mainsepeda)

foto : bikerumor           

 

           

 

 


COMMENTS