Bromo KOM Challenge 2019
Kembali Start dari Surabaya, Ada Kategori Sepeda Lipat
by - October 22, 2018

Even climbing paling bergengsi di Indonesia, Bromo KOM Challenge, bakal kembali berlangsung pada 16 Maret 2019. Formatnya kembali dikembangkan, menggabungkan lagi tradisi awal even tersebut. Acara tetap akan terbagi dalam dua kategori, race dan peloton non-kompetitif. Tapi kali ini, start-nya akan kembali diselenggarakan di Surabaya.

Plus, ada kategori baru untuk penghobi Brompton dan sepeda lipat!

Soetrisno dari RatjoenCC Malang menggunakan sepeda lipat saat mengikuti even Bromo KOM Challenge 2018. 

“Tradisi start dari Surabaya akan kami kembalikan. Tapi, format KOM Challenge yang dimulai pada 2018 akan kami lanjutkan. Jadi kombinasi elemen terbaik lama dan baru,” jelas Azrul Ananda, penggagas even ini.

Pada Sabtu, 16 Maret 2019 nanti, peserta akan start dari Surabaya, lalu gowes 60 km menuju Pasuruan. Dari sana, peserta memulai menu utama, menanjak ke Desa Wonokitri, Bromo. Total jarak yang ditempuh adalah 100 km, sama seperti tradisi awal even ini.

Nah, sama seperti 2018, semua peserta akan mendapatkan timing chip. Semua peserta akan memulai KOM Start di kaki tanjakan, lalu harus memenuhi batas waktu (cut off time) untuk diklasifikasikan sebagai finisher.

Aiman Cahyadi (154), salah satu pembalap top Indonesia mengikuti kelas Men Elite Bromo KOM Challenge 2018.

“Pada 2018, batas waktunya empat jam dari KOM Start, dengan sedikit tambahan toleransi. Tahun depan, kami berencana menerapkan batas waktu yang sama,” tambah Azrul.

Peserta akan kembali dibagi dalam beberapa echelon. Kelompok race berangkat duluan, terbagi berdasarkan kategori kelas dan usia. Baru kemudian kelompok non-kompetitif berangkat bersama, dikawal marshal dan road captain.

Khusus untuk kategori sepeda lipat, peserta baru mulai kumpul dan start di Pasuruan. Mereka tidak ikut start dari Surabaya. Saat KOM Start pun mereka berangkat rombongan terakhir, setelah peloton non-kompetitif.

“Ada hadiah untuk finisher sepeda lipat tercepat dan yang dandan dan aksinya paling seru,” tegas Azrul.

Bromo KOM Challenge 2019 diselenggarakan oleh Azrul Ananda School of Suffering, Strive Sports Nutrition Products, dan OtakOtak Communication & Organizer. Didukung oleh SUB Jersey dan Mainsepeda.com.

EARLY BIRD 1 NOVEMBER

Walau even masih berlangsung Maret tahun depan, penyelenggara sudah akan memulai pendaftaran pada 1 November 2018. Akan ada diskon early bird bagi yang mendaftar sebelum 31 Desember 2018.

Informasi, regulasi, dan pendaftaran semua bisa dilakukan secara online di situs Mainsepeda.com. (*)

 


COMMENTS