Tour de Suisse 2024, Etape 8: Kalah Tipis di Etape Terakhir, Adam Yates Juara GC

Adam Yates mengakhiri balapan delapan hari Tour de Suisse 2024 sebagai juara umum. Pembalap UAE Team Emirates mempertahankan posisi puncak general classification (GC) sejak akhir etape 4 dan tak pernah tergeser hingga etape terakhir yang digelar pada Minggu, 16 Juni 2024. 

Etape penutup kembali memperlombakan Individual Time Trial (ITT). Bedanya ITT kali ini finis di puncak Villars-sur-Ollon. Jarak lintasan pendakian sepanjang 10,2 km dengan elevasi 8 persen. 

Awalnya Yates tak percaya diri. Ia memprediksi rekan setimnya Joao Almeida yang akan keluar sebagai juara Tour de Suisse 2024. Apalagi Yates bukan cyclist tipikal sprinter, tapi seorang climber

Yates merayakan keberhasilannya meraih gelar juara Tour de Suisse 2024 bersama anjingnya, Zoe. 

Prediksi tersebut memang terwujud. Almeida memenangi balapan etape 8 dengan mencatatkan waktu 33 menit 23 detik saat melintasi rute 15,7km dari Aigle ke Villars-sur-Ollon. Hanya saja, Yates yang akhirnya ditetapkan sebagai juaranya. 

Gap 31 detik antara Yates dan Almeida di akhir etape 7 tak tereduksi banyak. Yates berhasil mempertahankan akselerasinya sepanjang lintasan sehingga hanya tertinggal tipis dari Almeida, yakni delapan detik saja. Yates pun duduk di peringkat kedua balapan etape 8. Sedangkan, pembalap muda Lidl-Trek Mattias Skjelmose berada di posisi 3. 

Baca Juga: Tour de Suisse 2024, Etape 7: Dominasi UAE Team Emirates Berlanjut, Giliran Yates Menang

Hasil ini membuat klasemen akhir GC tak banyak berubah. Yates berada di puncak dengan jarak 22 detik dari rekan setimnya tersebut. Di bawah duo UAE Team Emirates diisi oleh Skjelmose yang berjarak 3 menit 2 detik. 

"Dua hari lalu, saya tidak yakin jika saya dapat melakukan ini. Saya hanya tidak bisa lebih cepat lagi, itu batas saya dan beruntung catatan waktu saya mencukupi," kata Yates. 

Gelar ini melengkapi beberapa kesuksesan lain yang sebelumnya di koleksi oleh pembalap Britania Raya ini. Sebelumnya Yates pernah menjuarai sejumlah event WorldTour UCI seperti Volta a Catalunya, UAE Tour dan Tour de Romandie. Akan tetapi, kecelakan fatal di ajang UAE Tour Februari lalu membuatnya pesimistis menghadapi balapan musim ini. 

"Saya tidak tahu seberapa lama saya dapat kembali dan ternyata tak membutuhkan waktu yang tidak super lama, jadi saya senang," imbuhnya. 

Kesuksesan UAE Team Emirates di Tour de Suisse diharapkan menular ke ajang GrandTour, Tour de Frace yang akan bergulir akhir bulan ini. Yates dan Almeida mendapatkan tugas penting untuk mengawal Tadej Pogacar meraih target dobel Giro-Tour musim ini. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS