Tour de Suisse 2024, Etape 7: Dominasi UAE Team Emirates Berlanjut, Giliran Yates Menang

UAE Team Emirates sekali lagi memamerkan kehebatannya di Tour de Suisse 2024. Pada etape 7 pada Sabtu, 15 Juni 2024, Adam Yates dan Joao Almeida kembali mendominasi podium 1 dan 2 untuk yang ketiga kalinya secara beruntun. Kali ini giliran Yates yang memenangi balapan. 

Balapan yang berakhir di puncak Villars-sur-Ollon seperti arena bermain untuk keduanya. Tak ada adu sprint, tak ada pula adrenalin untuk saling mengalahkan. Bahkan foto finis mungkin menangkap momen melewati garis akhir paling membosankan yang pernah ada. 

Yates yang pada akhir keluar sebagai pemenang pada balapan ini. Ia lebih dahulu melewati finis, unggul setengah ban dari Almeida. Keduanya menyelesaikan balapan selama 3 jam 5 menit 41 detik pada rute sepanjang 118,2 km. 

Yates dan Almeida sudah mengisi posisi terdepan balapan ketika balapan masih menyisakan 2 km dari finis. 

Matthew Riccitello menandai posisi ketiga. Pembalap Israel-Premier Tech ini menyelesaikan balapan 14 detik lebih lambat dari kedua bintang UAE Team Emirates. 

"Saya bertanya kepadanya apakah saya bisa naik panggung dan ia menjawab ya. Itu menunjukkan karakter dia yang baik," kata Yates memuji rekan setimnya tersebut. 

Baca Juga: Kediri Dholo KOM 2024: Cek Rute Masuk Bandara Dhoho yang Mewah

Tak hanya di lintasan balapan, posisi 1 dan 2 pada klasemen general classification juga menjadi milik Yates dan Almeida. Yates saat memimpin klasemen dengan keunggulan 31 detik dari pembalap Portugal tersebut. 

Sementara peringkat ketiga GC masih menjadi hak pembalap Ineos Grenadiers Egan Bernal. Namun, cyclist 27 tahun ini harus rela jurang waktu dengan Yates semakin melebar. Saat etape 6 berakhir keduanya terpaut 1 menit 28 detik, kini menjadi 1 menit 51 detik. 

Meskipun Yates saat ini memimpin GC, tapi cyclist Britania Raya tak percaya diri dapat mempertahankan posisi. Etape terakhir pada Minggu, 16 Juni 2024, akan memainkan kategori Individual Time Trial (ITT). Yates menyebut Almeida akan mengambil kesempatan tersebut mengkudeta dirinya dan menjadi juara Tour de Suisse tahun ini. 

"Saya pikir secara personal, besok adalah time trial. Dia (Almeida) akan berjarak satu menit lebih cepat dibandingkan saya. Jadi saya yakin anda akan melihat dia di kursinya besok," tambah Yates. 

Klaim Yates mungkin ada benarnya. Almeida memang lebih baik jika bersaing di balapan Time Trial. Berkaca pada hasil ITT pada etape 1 Tour de Suisse 2024 di Vaduz, Almeida berada di posisi 4 besar. Sedangkan, Yates di lis ke-25. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS