Criterium du Dauphine 2024, Etape 7: Menang Back-to-Back, Roglic Kian Kukuh di Puncak GC

Tak membutuhkan waktu lama bagi Primoz Roglic untuk kembali ke performa terbaiknya pasca cedera panjang. Gelaran Criterium du Dauphine 2024 merupakan ajang comeback bintang Bora-Hansgrohe dan berpeluang besar menjadi gelar pertamanya musim ini.

Roglic meraih kemenangan back-to-back setelah di etape 6, ia finis terdepan di puncak Le Collet d'Allevard. Sabtu, 8 Juni 2024, pembalap 34 tahun memenangi etape 7. Ia mengalahkan jagoan Visma-Lease a Bike Matteo Jorgenson dalam sprint 250 meter sebelum finis. 

Etape 7 yang dimulai dari Albertville menuju puncak pegunungan Samoens 1600 berjarak 155,3 km. Rute tersebut dirampungkan Roglic dalam waktu 4 jam 29 menit 16 detik. Jorgenson memiliki catatan waktu sama. Sementara peringkat ketiga, Giulio Ciccone lebih lambat dua detik saja.

Roglic mengungguli Jorgenson dalam sprint sebelum finis. 

"Terdapat peluang dan karena rekan yang lain melakukan pekerjaan yang luar biasa. Kami menunjukkan komitmen dan kerja keras," kata Roglic. 

Hasil ini mengukuhkan posisi Roglic di general classification (GC) Criterium du Dauphine 2024. Pembalap Slovenia saat ini unggul 1 menit 2 detik dari pesaing terdekatnya, Jorgenson. Di posisi ketiga diisi pembalap Kanada Derek Gee dengan selisih 1 menit 13 detik. 

Malang bagi bintang Soudal Quick-Step Remco Evenepoel. Pembalap Belgia sempat memimpin GC karena kemenangan di etape 3 yang mempertandingan kategori Individual Time Trial (ITT). Namun, saat ini ia semakin tergusur dan menempati posisi keenam. Evenepoel memiliki selisih waktu 2 menit 15 detik dari Roglic.

Evenepoel harus rela posisinya tergelincir dari runner up GC karena finis di posisi 13 pada balapan etape 7. 

"Ini mungkin terlihat mudah dari seharusnya. Tapi ini hari yang berat," imbuh Roglic. 

Setelah kemenangan etape 7, Roglic punya kans yang sangat besar untuk menuntaskan gelar juara pertamanya musim ini. Selain tabungan waktu dari para pesaingnya, etape penutup yang akan dilaksanakan Minggu, 9 Juni, memiliki karakteristik lintasan yang hampir mirip dengan dua etape sebelumnya. Penuh tanjakan dan diakhiri dengan finis di puncak pegunungan. Kali ini balapan akan selesai di puncak Plateu des Glieres dengan tanjakan sepanjang 9,3km dan elevasi rata-rata 7,3 persen. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS