Giro d'Italia 2024, Etape 18: Saling Mengalahkan, Giliran Tim Merlier Menangi Duel Sprint dari Milan

Sprinter terbaik di Giro d'Italia 2024 pantas disematkan kepada Tim Merlier (Soudal Quick-Step) dan Jonathan Milan (Lidl-Trek). Keduanya pun saling berbalas kemenangan di beberapa etape jalan datar. 

Sejauh ini, Milan lebih unggul. Pembalap tuan rumah mengoleksi tiga kemenangan etape Giro d'Italia 2024. Sedangkan, Merlier baru memenangi dua etape Giro tahun ini. Termasuk balapan etape 18 yang digelar pada Kamis, 23 Mei 2024.

Kemenangan ini memiliki jalan cerita yang hampir mirip seperti kemenangan pertama Merlier di etape tiga. Pembalap Belgia berhak atas podium puncak usai mengungguli Milan sepersekian detik saja dalam adu kecepatan jelang garis finis. Tepatnya setengah ban saja. 

Baca Juga: Giro d'Italia 2024, Etape 17: Cyclist Muda Jerman Ciptakan Kejutan Terbesar Giro 2024

Merlier dan Milan tidak berada di posisi paling depan saat melewati tikungan terakhir. Yaknin500 meter sebelum garis finis. Merlier berada di belakang kemudi Stanislaw Aniolkowski (Cofidis) dan lantas mengambil posisi melebar ke kanan sebelum melancarkan serangan. Di sisi kiri, Milan menemukan celah serupa. Namun, kali ini Dewi Fortuna lebih memihak Merlier daripada pembalap tuan rumah. 

Pembalap Lidl Trek mencoba mengontrol balapan. 

"Kami tahu poin penting pada balapan hari ini dan kami selalu berada di posisi bagus, walau tidak sempurna," ucap Merlier. 

Cyclist yang memulai karir amatirnya di tim Sunweb-Revor ini merampungkan balapan dengan catatan waktu 3 jam 45 menit 44 detik. Bersama 88 pembalap lain yang tergabung di peleton terdepan. 

Baca Juga:Atlet Balap Sepeda Odie Positif Doping, IADO Terus Edukasi Bahaya Zat Terlarang

Rekor lain bagi Merlier adalah untuk pertama kalinya cyclist 31 tahun memenangi dua etape dalam satu ajanggrand tour.

"Ketika saya menemukan momen saya, saya memulai sprint saya. Saya perlu mencari celah sedikit, tetapi pada akhirnya saya berhasil," imbuhnya. 

Tidak ada perubahan pada general classificaton (GC), dengan pemimpin balapan masih dipegang Tadej Pogačar (Tim Emirates UEA). Sementara itu, Milan memiliki peluang lebih besar menyabet maglia ciclamino atau juara klasemen poin pada Giro 2024. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS