Tour Basque Country 2024 Etape 5: Unggul Setengah Ban, Romain Gregoire Kuasai Etape 5

Persaingan Tour Basque Country 2024 semakin cair karena menepinya sejumlah pembalap unggulan. Tidak ada pembalap yang benar-benar dapat mendominasi balapan yang berlangsung di utara Spanyol ini. Tak satupun pembalap yang mengulang kemenangannya. 

Seperti diketahui, balapan di etape keempat berakhir di luar dugaan pasca terjadinya kecelakaan horor di daerah Olaeta. Pembalap-pembalap kelas wahid seperti Jonas Vingegaard (Visma-Lease a Bike), Remco Evenepoel (Soudal Quick-Step), dan Primoz Roglic (BORA-Hansgrohe) terlibat dalam kecelakaan tersebut. Hal ini mengakibatkan ketiganya tak melanjutkan sisa belapan dan berstatus DNF (Did Not Finish). 

Pada etape 5 yang digelar Jumat 5 April 2024, giliran pembalap muda Grupama-FDJ Romain Gregoire yang mengambil alih podium tertinggi. Cyclist 21 tahun ini unggul dari para pesaingnya dalam sprint yang sangat ketat. 

Gregorie baru menyadari kemenangannya setelah adanya kepastian juara dengan teknologi Photo-Finish. 

Tak ada selebrasi dari Gregorie pada awalnya. Hal ini karena ia tak yakin memenangi pertarungan garis akhir di Amorebieta-Etxano. 

Bahkan kemenangan Gregorie harus ditentukan melalui tangkapan layar photo-finish. Ia mengalahkan pembalap Caja Rural-Seguros RGA, Orluis Aular, dengan jarak hanya setengah ban saja. Sementara, Maximilian Schachmann (Bora-Hansgrohe) yang melakukan serangan lebih dahulu harus puas finis ketiga. 

“Saya sangat lega, saya benar-benar memberikan tekanan pada diri saya sendiri untuk lolos setelah tahap ini. Itu adalah tahapan yang sulit dan sangat menyenangkan bisa menang. Selama satu atau dua menit saya tidak tahu bahwa saya telah menang, jadi itu membuat stres, tapi itu keren," ujar pembalap asal Prancis ini.

Baca Juga : Kecelakaan Parah di Tour Basque Country, Vingegaard dan Evenepoel Patah Tulang 

Trofi kemenangan pada etape kelima Tour Basque Country 2024 menjadi pencapaian tertingginya sejauh ini. Sebelumnya Gregoire tidak pernah sekalipun memenangi balapan World Tour UCI dalam dua musim keikutsertaannya di level profesional. 

Debut Gregoire di balapan World Tour terjadi di ajang Strade Bianche pada awal Maret 2023 lalu. Kala itu, ia mengakhiri persaingan dengan berada di posisi ke-8. 

“Itu akan menjadi salah satu momen yang akan saya ingat selalu,” kata Gregoire. 

Mattias Skjelmose mempertahankan jersey kuning di Tour Basque Country 2024 hingga etape 5.

Hasil balapan di etape kelima membuat persaingan klasemen GC (General Classification) semakin ketat. Pembalap Lidl-Trek Mattias Skjelmose tetap berada di atas usai di etape sebelumnya mengambil alih posisi Roglic dan Evenepoel yang DNF. 

Akan tetapi, jarak keunggulannya sangat tipis dari rival terdekatnya saat ini, Max Schachmann. Keduanya hanya terpaut dua detik saja. Calon juara GC Tour Basque Country 2024 semakin sulit terprediksi karena pembalap lima besar memiliki jarak kurang dari 10 detik dari Skjelmose.  

Sementara itu, Alex Aranburu mengambil alih seragam hijau balapan tanda telah memimpin klasemen poin. Ia unggul dari Gregorie dan Quinten Hermans. Sedangkan, klasemen King of Mountain (KOM) masih menjadi milik Louis Meintjes. 

Etape terakhir akan berlangsung hari ini. Balapan akan belangsung di kawasan EIbar dengan jarak 137,8 Km. Balapan ini akan melalui tujuh tanjakan dengan tiga diantaranya berkategori 1. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS