Kecelakaan Parah di Tour Basque Country, Vingegaard dan Evenepoel Patah Tulang

Salah satu kecelakaan terburuk dalam sejarah balap sepeda terjadi di etape keempat Tour Basque Country 2024 pada Kamis, 4 April 2024. Kecelakaan ini melibatkan 12 pembalap dan beberapa diantaranya ialah nama-nama besar calon juara di ajang Tour de France. 

Sebut saja Jonas Vingegaard (Visma-Lease a Bike), Primoz Roglic (Bora-Hansgrohe), dan Remco Evenepoel (Soudal Quick-Step). Kabar terbaru menyebutkan jika kondisi Vingegaard dan Evenepoel mengalami cedera yang serius.

Seperti cedera yang dialami Wout van Aert, Vingegaard dilaporkan mengalami patah tulang rusuk dan selangka. Kabar itu disampaikan oleh tim Visma-Lease a Bike yang menaungi pembalap Denmark tersebut.

"Jonas Vingegaard mengalami kecelakaan yang serius dan telah dibawa ke rumah sakit. Pemeriksaan telah menunjukkan adanya patah tulang di selangka dan beberapa rusuknya," tulis Visma-Lease a Bike dalam pernyataan resmi di akun media sosialnya. 

Nasib tak kalah buruk juga dialami oleh Evenepoel. Bintang Belgia ini dilaporkan mengalami patah di tulang selangka dan belikat pada sisi kanan. Saat ini juara dunia road race 2022 telah di bawa ke kampung halamannya untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. 

"Setelah pemeriksaan ditemukan bahwa juara asal Belgia ini mengalami patah tulang di selangka kanan dan tulang belikat kanan. Remco akan melakukan perjalanan ke Belgia pada hari Jumat, di mana ia akan menjalani operasi pada tulang selangkanya, dan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit di Herentals," tulis pernyataan timnya.

Selain Vingegaard dan Evenepoel, pembalap UAE Team Emirates Jay Vine juga dikabarkan mengalami cedera berat. Juara Tour Down Under 2023 ini mengalami patah tulang belakang. Beruntung, tim dokter mengkonfirmasi tidak adanya potensi kerusakan pada sarafnya. 

Baca Juga: Tour Basque Country 2024 Etape 3: Kado Quinten Hermans untuk Tim Baru

Sejauh ini hanya Roglic yang cukup beruntung. Pembalap 34 tahun ini tampak mengacungkan jempol kepada fotografer ketika dievakuasi. Tanda bahwa kondisinya baik-baik saja. Sebelumnya, Roglic juga mengalami kecelakaan pada etape ketiga Tour Basque Country 2024 yang menyebabkan pinggul dan pahanya terluka. 

Kecelakaan horor tersebut terjadi pada kilometer ke-40 jelang balapan berakhir. Para pembalap berada di kecepatan tinggi ketika melewati turunan yang diujung jalannya terdapat belokan tajam ke sisi kanan. 

Akibatnya beberapa pembalap tak dapat mengendalikan sepedanya dan terperosok ke selokan beton yang cukup besar. Ada pula yang menabrak batu di pinggir jalan. Sedangkan, Evenepoel yang dapat menghindari selokan malah terpelanting ke tanah sehingga menimbulkan masalah yang serius. 

Akibat kecelakaan ini Vingegaard, Evenenepol, dan Vines dipastikan absen dalam Paris-Roubaix 2024 pada akhir pekan ini. Tapi jika menilik cedera yang diderita Wout van Aert, ketiganya berpotensi rehat di ajang Grand Tour Giro d'Italia yang digelar bulan Mei mendatang. (Mainsepeda)


COMMENTS