Tour Basque Country 2024 Etape 3: Kado Quinten Hermans untuk Tim Baru

Kejutan kembali mewarnai Touf Basque County. Jika di etape sebelumnya pembalap Decathlon AG2R La Mondiale Paul Lapeira keluar sebagai pemenang, kali ini giliran cyclist Alpecin-Deceuninck Quinten Hermans memastikan posisi podium pertama setelah dia memenangi etape 3, Rabu, 3 April 2024.

Hermans meraih kemenangan dalam adu kecepatan di ujung garis finis di Altsasu. Pembalap Belgia ini mengungguli rival terdekatnya Edoardo Zambanini (Bahrain Victorious) dan Alex Aranburu (Movistar) dalam sprint yang sangat ketat. 

Hasil ini merupakan kemenangan pertama Hermans untuk tim barunya Alpecin-Deceuninck sejak bergabung pada 2023. Prestasi tertinggi Hermans saat ini ialah menjadi runner up di ajang Liege-Bastogne-Liege pada tahun 2022. 

"Ini seperti tidak nyata ketika saya menuju garis finis. Tim melakukan pekerjaan yang luar biasa. Mereka percaya kepada saya dengan apa yang saya lakukan hari ini," jelas Hermans. 

Sprint Hermans di akhir balapan yang tak mampu di antisipasi oleh Alex Aranburu. 

Hermans melakukan akselerasi dengan sempurna pada jalanan menanjak menuju garis finis. Ia mampu mendahului Aranburu dan memastikan jarak aman 50 meter sebelum finis.

"Cukup ketat ketika kami melalui kalan besar dan belok ke kanan. Untuk saya, itu adalah akselerasi yang sempurna karena jalanan yang menanjak dan saya memberikan yang terbaik," imbuhnya. 

Baca Juga: Persiapan Paris-Roubaix, Mathieu van der Poel Latihan Khusus di Spanyol  

Tensi jelang finis memuncak pada jarak 1,5 km karena adanya kecelakaan beruntun. Kecelakaan tersebut melibatkan nama-nama besar seperti Mattias Skjelmose (Lidl-Trek), Juan Ayuso (UEA Team Emirates) dan Carlos Rodriguez (Ineos Grenadiers). Namun, mereka berhasil kembali ke jalur dan finis bersama peleton besar yang mengakhir balapan bersama Hermans. 

Insiden lainnya melibatkan pembalap pemakai jersey kuning atau pemimpin klasmen GC, Primoz Roglic (Bora-Hansgrohe). Roglic terjatuh dengan keras ketika balapan masih menyisakan 48 km. 

Roglic mengalami luka karena jatuh saat berada di tikungan.

Ia mengalami luka cukup parah di bagian paha. Celananya pun robek dan terlihat ada luka goresan cukup besar akibat terseret di aspal. 

Meskipun demikian, pembalap Slovenia mampu mengejar ketertinggalannya. Ia finis bersama peleton besar termasuk pemenang balapan dengan catatan waktu 4 jam 40 menit 59 detik. 

Dengan hasil ini, Roglic tetap memimpin klasemen klasifikasi umum (GC). Cyclist Soudal Quick-Step, Remco Evenepoel, menempel di posisi kedua dengan jarak 7 detik. Sedangkan, Skjelmose turun satu peringkat ke posisi ketiga. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS