Tour Basque Country 2024 Etape 4: Louis Meintjes Raih Kemenangan Tanpa Tepuk Tangan

Kemenangan di etape 4 Tour Basque Country 2024 merupakan salah satu prestasi terbesar bagi pembalap Intermarché-Wanty, Louis Meintjes. Namun, keberhasilan ini tak membuat cyclist Afrika Selatan ini merasa bahagia. Kemenangan itu terasa hambar baginya. 

"Ini bukan cara yang Anda inginkan untuk menang," kata Meintjes setelah balapan berakhir.

Meintjes sukses melakukan breakaway dan finis seorang diri saat melewati garis finis di Legutio. Ia mencatatkan waktu 4 jam 21 menit 15 detik. Sementara itu, pembalap Groupama-FDJ, Reuben Thompson, dan cyclist Burgos-BH, Karel Vacek, mengisi dua podium tersisa. 

Akan tetapi, kemenangan ini tak berarti banyak bagi Meintjes. Otoritas balapan memutuskan untuk tidak menghitung waktu di klasifikasi umum (GC), perhitungan King of Mountain (KOM), dan klasemen poin akibat kecelakaan fatal 40 km jelang balapan berakhir. 

Baca Juga : Kecelakaan Parah di Tour Basque Country, Vingegaard dan Evenepoel Patah Tulang

Kecelakaan tersebut melibatkan 12 pembalap, termasuk pembalap-pembalap unggulan seperti Jonas Vingegaard (Visma-Lease a Bike), Primoz Roglic (BORA-Hansgrohe), dan Remco Evenepoel (Soudal Quick-Step). 

Cedera parah dirasakan Vingegaard dan Evenepoel. Vingegaard mengalami patang tulang selangka dan beberapa rusuknya. Ia terperosok ke parit beton dengan keras. Hal sama dirasakan Evenepoel. Pembalap Belgia mengalami patah di tulang selangka dan belikat bagian kanan karena jatuh terpelanting ke tanah, meski mampu menghindari parit.  

Komisaris UCI sedang berdiskusi bagaimana balapan harus dilanjutkan.

Akibat kecelakaan tersebut, balapan sempat dihentikan sementara selama satu jam. Keputusan tak biasa dibuat dengan mengizinkan enam pembalap yang memisahkan diri dari peleton untuk melanjutkan balapan. Meintjes harus berjuang untuk merebut kemenangan melawan Mathieu Burgaudeau (TotalEnergies), Karel Vacek (Burgos-BH), Reuben Thompson (Groupama-FDJ) dan Joseba López (Caja Rural-Seguros RGA).

Setelah jeda, balapan berlangsung landai. Tapi intensitas balapan mulai meninggi pada 10 km sebelum finis. Dari sana Meintjes mulai memperlebar jarak dan sukses breakaway. 

"Saya merasa baik-baik saja dan jika ada peluang untuk memisahkan diri, saya akan siap bertarung memperebutkan podium. Namun, hal itu menghilangkan sedikit kesenangan. Ini mungkin sebuah kemenangan, tapi rasanya benar-benar berbeda," imbuh Meintjes.

Hasil ini membuat klasemen GC hingga etape keempat berubah. Roglic dan Evenepoel yang terlibat kecelakaan harus merelakan posisinya kepada pembalap Lidl-Trek Mattias Skjelmose. Posisi kedua direbut Juan Ayuso (UAE Team Emirates) dengan jarak 4 detik. Sedangkan, posisi ketiga menjadi milik pembalap Arkea-B&B Hotels Kevin Vauquelin setelah Jonas Vingegaard DNF (Did not Finish). (Mainsepeda)


COMMENTS