Jelang Tour Basque Country 2024: Perang Bintang di Daratan Basque

Tour Basque Country 2024 mengalami perubahan yang sangat drastis pada sisi pemilihan rute balapan. Walhasil, karakteristik balapan di Tour Basque Country kali ini sedikit berubah. 

Tour Basque Country dikenal sebagai rute pegunungan yang sangat intens. Hal ini memaksa pembalap melalui rute dengan elevation gain mencapai 18.000 dalam enam etape penyelenggaraanya pada 2023 lalu. Tapi tahun ini, potensi jalur tanjakan tersebut tidak banyak tereksplorasi. Total tanjakan kali ini hanya berkisar 13.000 meter saja.

Pembalap Lidl-Trek, Mattias Skjelmose, pun tak menampik balapan Tour Basque Country tahun ini akan berjalan lebih mudah. "Dibandingkan tahun lalu, kali ini di atas kertas terlihat lebih mudah," kata Skjelmose. 

Meskipun demikian, mata pecinta balap sepeda tetap tertuju kepada event yang akan memasuki edisi ke-63 karena adanya potensi perang bintang. Sejumlah pembalap top akan turun pada balapan yang akan berlangsung 1-6 April ini. 

Momen kemenangan Jonas Vingergaard pada gelaran Tour Basque Country 2023.

Unggulan pertama disematkan kepada cyclist Visma-Lease a Bike, Jonas Vingegaard. Peraih gelar brace Tour de France ini menyandang status juara bertahan di Tour Basque Country.

Pembalap Soudal Quick-Step, Remco Evenepoel, bakal menjadi penantang serius bagi Vingegaard, selain pembalap Bora-hansgrohe, Primoz Roglic. Roglic merupakan mantan rekan setim Vingegaard saat tim pembalap Denmark itu masih bernama Jumbo-Visma 

Sejarah Tour Basque Country

Edisi pertama Tour Basque Country berlangsung pada tahun 1924, artinya tahun ini merupakan perayaan ke-100. Namun, penyelenggaraanya baru menyentuh angka ke-63 pada tahun ini. 

Penyelenggaraan Tour Basque Country pada tahun 1931-1934 terhenti karena adanya perang saudara di Spanyol. Sempat kembali coba digelar pada tahun 1935, tapi efek dari perang saudara tersebut masih membekas. Balapan Tour Basque Country pun hiatus selama 32 tahun. 

Baca Juga: Jelang Tour of Flanders 2024: Tanpa Musuh Bebuyutan, Mathieu van der Poel Jadi Favorit Juara

Pada tahun 1969, balapan di daerah utara Spanyol ini kembali berlangsung dan rutin digelar hingga saat ini. Hanya sekali ditunda karena pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu.

Pembalap asal Spanyol Jose Antonio Gonzalez dan Alberto Contador menjadi pemegang rekor juara terbanyak dengan empat gelar. 

Rute Tour Basque Country 2024 

Tour Basque Country 2024 akan mengawali etape pertama dengan kategori Individual Time Trial (ITT). Balapan akan digelar di Irun dengan jarak 10 Km. 

Etape 2 akan kembali dimulai dari Irun menuju Cambo-les-Bains dengan jarak 160 km. Jalur didominasi dengan jalanan yang naik-turun dengan tanjakan tidak terlalu ekstrem. 

Etape selanjutnya merupakan rute terpanjang dengan enam tanjakan utama. Balapan akan dimulai dari Ezpeleta dengan menaiki gunung Otxondo dengan jarak 7,8 Km dan elevasi 6 persen. Selain itu, terdapat tanjakan di Usategieta Gaina dan Lizarrusti yang berkategori kelas 2. 

Fan Tour Basque Country yang memadati jalur balapan.

Pada etape 4, balapan akan dimulai dengan jalur datar sepanjang 25 Km sebelum menanjak di Opakua. Intensitas akan mulai meningkat pada akhir balapan dengan tiga pendakian di Olaeta, Untzilla , dan Leintz-Gatzaga. Pendakian terakhir hanya berjarak 8 km dari garis finis.

Seperti halnya di etape sebelumnya, etape kelima akan dimulai dengan jalur datar sepanjang 40 Km sebelum turunan di Barazar. Setelahnya pembalap akan akan menaiki bukit Urkiola dengan jarak 5,6 Km dengan elevasi 9,1 persen. Jelang finis peserta akan melalui bukit Muniketagaina sebanyak dua kali. 

Bagian tersulit akan terjadi di etape keenam. Pembalap akan menaiki tujuh tanjakan, yang mana tiga diantara berkategori 1. 

Pembalap Unggulan Tour Basque Country 2024

Jonas Vingegaard (Visma-Lease a Bike) diprediksi menjadi favorit utama untuk keluar sebagai pemenang pada Tour Basque Country 2024. Status sebagai juara bertahan plus peraih dua gelar Tour de France membuat klaim tersebut pantas disematkan kepada Vingegaard. 

Performa cyclist asal Denmark juga cukup baik pada awal musim ini. Sebelumnya Vingegaard juga tampil sebagai juara pada ajang Tirreno-Adriatico 2014 dengan memimpin klasemen akhir GC.  

Pembalap Remco Evenepoel saat bersaing dengan Matteo Jorgenson pada Paris-Nice 2024. 

Status perang bintang akan terjadi karena Remco Evenepoel (Soudal Quick-Step) dan Primoz Roglic (BORA-hansgrohe) juga berpartisipasi. Artinya tiga dari empat favorit juara Tour de France beraksi di Tour Basque Country 2024. Minus Tadej Pogacar yang absen hingga penyelenggaraan Liege-Bastogne-Liege pada 21 April mendatang. 

Evenepoel tak dapat dipandang sebelah mata, meski gagal juara di Paris-Nice 2024 awal Maret lalu. Mantan juara dunia road race 2022 ini menunjukkan determinasi yang baik, walau akhirnya takluk dari Matteo Jorgenson. 

Di sisi lain, pembalap senior BORA-hansgrohe Primoz Roglic belum tampil menjanjikan pada gelaran Paris-Nice 2024. Ia harus puas duduk di peringkat ke-10 pada klasemen akhir GC. Namun, gelar Giro d'Italia dan Tirreno-Adriatico tahun lalu masih menjadi bukti sahih jika pembalap 34 tahun ini belum habis. (Mainsepeda)


COMMENTS