Tirreno-Adriatico 2024 Etape 3: Phil Bauhaus Akhiri 14 Bulan Tanpa Kemenangan

Pembalap Bahrain Victorius Phil Bauhaus merebut kemenangan pertamanya dalam periode 14 bulan terakhir. Ia berhasil merampungkan puasa kemenangan usai finis terdepan di Etape 3 ajang Tirreno-Andriatico 2024, Rabu waktu Italia (6/3). Bauhaus terakhir naik podium tertinggi pada etape pembuka Santos Tour Down Under di Australia pada 18 Januari 2023. 

Peringkat kedua direbut pembalap Lidl-Trek Jonathan Milan. Cyclist tuan rumah ini awalnya tampil cukup impresif ketika memimpin sprint jelang garis akhir. Namun, Bauhaus memiliki momentum lebih tepat untuk mengakhiri balapan sebagai yang terdepan. Sedangkan, posisi ketiga diraih pembalap muda milik Arkea - B&B Hotels Kevin Vauquelin.

“Saya menderita pada pendakian terakhir, tetapi tim percaya pada saya sepanjang hari. Kemarin malam mereka mengatakan ini adalah kesempatan bagus bagi saya. Pada kilometer terakhir saya berada dalam posisi sempurna dan untungnya saya memiliki kaki untuk melakukan sprint dengan baik. Saya sangat senang bisa meraih kemenangan pertama saya tahun ini,” kata Bauhaus di akhir balapan. 

Sementara itu, cyclist Alpecin-Deceuninck Jasper Philipsen yang sebelumnya menjadi juara di etape kedua mengalami nasib buruk. Philipsen terjatuh dan menyebabkan tabrakan beruntun pada 500 meter jelang garis finis. 

Pembalap Bahrain Victorius Phil Bauhaus usai meraih kemenangan di etape 3 Tirreno-Adriatico 2024

Philipsen melaju terlalu kencang sebelum tikungan sehingga ia menabrak ban belakang pembalap Israel Tech Premier. Ia lantas oleng ke sisi kanan mengenai pembalap dari tim Cofidis dan terjatuh. Setidaknya ada lima cyclist yang akhirnya terlibat dalam kecelakaan ini. 

"Saya tidak tahu ada kecelakaan, saya sangat fokus. Saya tahu saya berada dalam posisi sempurna, saya senang bisa mempertahankan kekuatan saya.” imbuh Bauhaus. 

Balapan dari Volterra menuju ke Gualdo Tadino sejauh 225 km diawali dengan laju intensitas ringan. Semua pembalap tampak dalam rombongan sembari menjaga stamina. 

Setengah rute dilalui cuaca berubah, dari panas kering menjadi hujan deras. Hal ini menjadi tantangan untuk semua pembalap karena cuaca berubah dingin. Tidak terkecuali untuk pembalap favorit Jonas Vingegaard dari Visma-Lease a Bike yang akhirnya harus puas finis di posisi ke-32. Pemimpin klasemen umum (GC) UAE Team Emirates Juan Ayaso pun juga merasakan hal yang sama. 

"Saya kedinginan. Bahkan saya tidak bisa merasakan tangan saya. Itu membuat saya kesulitan melakukan pengereman," ujar Ayaso.

Ben Healy sempat memimpin rombongan di balapan etape 3 Tirreno-Adriatico 2024

Philipsen yang mengincar brace kemenangan berada di rombongan terdepan 500 meter sebelum finis. Namun, ia malah tergelincir dan menabrak pembatas pinggir jalan. 

Milan menjadi kandidat pemenang karena dukungan dari rekan-rekannya di Lidl-Trek dan berada di posisi yang baik pada 1,5 Km terakhir. Tapi Bauhaus membuyarkan kemenangan di depan mata Milan. Ia pun harus puas finis di peringkat kedua. 

Meskipun demikian, hasil ini membuat cyclist 23 tahun ini merebut jaket hijau atau pimpinan klasemen perolehan poin. Ia menggeser pembalap UAE Team Emirates Juan Ayaso dari puncak klasemen dengan perolehan 20 poin. 

Ia juga sukses merangsek ke posisi kedua klasemen juara umum (GC) usai memangkas jarak waktu menjadi 6 detik saja dari Ayaso. Sebelumnya, kedua pembalap memiliki perbedaan waktu 12 detik. (Mainsepeda)


COMMENTS