Tour de Sabang 2024: Sadiman Juara Master C 50 Up, Abah Asril Runner Up

Gelar perdana di 2024 diraih Asril Kurniadi dari event sepeda di ujung barat Indonesia. Abah Asril -begitu ia biasa disapa- meraih gelar runner-up di event Tour de Sabang (Sabang KOM) 2024. Asril turun di kategori Master C 50 Up.

Asril sebenarnya sempat berpeluang meraih gelar juara. Ia sempat memimpin di event KOM berjarak 31,9 km itu. Sayangnya, di tanjakan akhir Asril disalip oleh rival abadinya, Sadiman. 

"Saya sudah coba ngejar tapi sudah tidak nutut dengan finis. Akhirnya saya di posisi kedua, berjarak 30 detik di belakang Sadiman," kata pria yang sehari-hari berprofesi sebagai dosen itu.

Abah Asril mengaku sangat menikmati balapan di Tour de Sabang. Abah Asril datang dengan motivasi lebih karena ingin melengkapi daftar keikutsertaannya di event balap sepeda. Ia sudah pernah ikut Tour de Merauke. "Jadi kini sudah lengkap, dari Sabang sampai Merauke," ujarnya.


Asril Kurniadi (dua dari kiri) dan Sadiman (tengah) naik podium Tour de Sabang 2024.

Tour de Sabang juga merupakan event keempat yang ia ikuti di Pulau Sumatera. "Kok kebetulan selama empat tahun ini, setiap tahunnya kok bisa ikut event di Sumatera," ungkapnya.

Tour De Sabang 2024 digelar di Kota Sabang, Aceh, Sabtu 2 Maret 2024. Event itu digelar sekaligus dalam rangka memeriahkan Sabang Marine Festival 2024.

Total jarak yang dilombakan adalah 31,9 km. Dari data panitia, event itu diikuti sekitar 125 atlet dari berbagai kota di Indonesia.

"Kalau karakter rutenya sebenarnya seperti JLS (Jalur Lintas Selatan). Banyak rolling-nya, tapi ini panjang sekali. Rollingnya sekitar 25 km sendiri," jelas pria asal Gresik itu.

Total tanjakannya memang hanya 800 meter. Tapi ada tanjakan yang gradiennya sampai 20 persen. "Rollingnya menyiksa dan sadis pokoknya," ujar Asril.

Baca Juga: Terdepan, Abah Asril Finis Sebelum 14.00 di Journey to TGX

Abah Asril mengaku sudah menyiapkan revans dengan Sadiman di Bromo KOM X. "Event berikutnya yang akan saya ikuti Bromo KOM. "Setelah lebaran saya akan langsung fokus untuk Bromo KOM," ungkapnya.

Persaingan Asril dan Sadiman memang terjadi di tiga event KOM Mainsepeda (Trilogi Jatim atau East Java Trilogy), yakni Bromo KOM, Bluefire Banyuwangi Ijen KOM, dan Kediri Dholo KOM.

Pada Trilogi Jatim 2023, Abah Asril juga menjadi runner-up di klasemen akhir. Ia meraih total poin 62. Sedangkan Sadiman menyapu semua gelar juara di Trilogi Jatim dan mendapatkan 80 poin.(mainsepeda)


COMMENTS