Tour Down Under 2024 Etape 5: Menang di Willunga Hill, Onley Menyodok di Klasemen GC

Memasuki etape kelima hari ini (20/1), Tour Down Under memasuki babak yang menentukan dalam kategori general classification (GC). Melombakan etape dengan rute tanjakan, saatnya para penantang GC mengalahkan sprinter di garis finis. Hasilnya, Oscar Onley (dsm-firmenich PostNL) menjadi yang terdepan. Menang sprint dalam kelompok empat pembalap terdepan.

Finis etape kelima di Willunga Hill yang legendaris. Ini kali pertama Willunga Hill digunakan rute Tour Down Under setelah kali terakhir ke sana pada edisi 2020. Onley finis terdepan diikuti Stephen Williams (Israel-Premier Tech) dan Jhonatan Narváez (Ineos Grenadiers) yang finis kedua dan ketiga

”Balapan ini cukup luar biasa, saya tahu saya berada di performa yang baik," ucap pembalap yang baru berusia 21 tahun tersebut. ”Saya sangat ingin melakukan sesuatu pada etape menanjak kali ini, tapi saya sempat tidak yakin karena harus melawan pembalap kuat lainnya. Dan saya sangat senang karena semua orang membantu saya untuk meraih kemenangan ini," lanjutnya.

Penentuan pemenang etape kelima mulai jelas terlihat jelang garis finis. Sejumlah pembalap mampu memisahkan diri dari peloton saat menaiki Willunga Hill. Pembalap Jayco AIUIa Simon Yates tampil impresif dan memimpin balapan. Ia beberapa kali mencoba untuk bermanuver untuk menjauh dari rival-rivalnya. Namun, tak berhasil. Berikutnya, giliran pembalap asal Prancis Julian Alaphilippe yang mengambil pimpinan lomba. Namun, lagi-lagi ia tidak mampu mempertahankan posisi.

Pada akhirnya, Onley yang memperoleh momentum kemenangan. Ia mampu Alaphilippe pada 150 meter akhir. Akselerasinya menjelang tikungan terakhir jelang finis tak mampu diantisipasi para pesaing.

Dengan hasil terjadi perubahan dalam klasemen GC. Finis kedua mengantarkan Williams ke puncak kalsemen sementara GC dengan catatan waktu 16 jam 8 menit 48 detik. Ia diikuti Onley dengan catatan waktu yang sama. Sementara itu, Isaac del Toro (UAE Team Emirates) yang sebelumnya memimpin klasemen GC harus turun ke peringkat ke empat dengan perbedaan waktu 5 detik dari Williams.

Tour Down Under 2024 akan berakhir pada hari Mingggu besok (21/1). Ini akan menjadi penentuan klasemen akhir GC dengan kembali melalui trek menanjak di daerah Gunung Lofty, Adelaide. (Mainsepeda)


COMMENTS