Lampu Spoke Keren Tanpa Baterai
by - February 16, 2018
Lampu Spoke Keren Tanpa Baterai
by MainSepeda - February 16, 2018

Ide untuk sepeda bisa terus bikin kita geleng-geleng kepala. Seperti yang dilakukan Filippov bersaudara saat ini. Mereka mengembangkan konsep lampu safety baru yang sangat keren, yang mereka namai “Arara.”

Lampu ini bisa dipasang di hampir semua jenis sepeda, mulai road, BMX, sampai MTB. Yang bikin paling keren: Lampu ini tak pernah butuh di-charge atau ganti baterai. Itu bisa terwujud berkat sistem magnet (magnetic induction).

Untuk roda depan misalnya. Tinggal pasang unit magnet pada salah satu sisi fork. Lalu pasang lampunya di ruji, yang saat berputar “bertemu” dengan magnet di fork.

Untuk roda belakang, pasang unit magnet pada chainstay, lalu pasang lampunya di ruji yang juga “bertemu” saat berputar. Mirip seperti memasang speed/cadence sensor Garmin.

Ketika berputar, lampu pada ruji seperti di-charge, lalu menyala. Silakan lihat video YouTube-nya. Keren bukan?

Untuk mendapatkan efek berputar yang keren, pasang dua sampai empat lampu di setiap roda. Ada dua jenis lampu ditawarkan. A5, yang cepat menyala tapi juga cepat mati. Atau A200, yang agak lambat menyalanya tapi juga lebih lama matinya ketika roda berhenti. Kalau suka, silakan kombinasikan keduanya.

Total ada enam warna ditawarkan. Setiap lampu beratnya hanya 25 gram. Tahan air, tahan debu, dan bisa beroperasi di temperatur – (minus) 25 derajat Celcius.

Arara belum bisa didapatkan di pasar bebas. Filippov bersaudara sedang mengumpulkan dana via Indiegogo.com untuk memproduksinya secara massal. Kalau minat, silakan ikut “menyumbang” di situs itu. Lalu tunggu kiriman barangnya ketika siap beredar. Kemungkinan masih agak lama, Januari 2019. (mainsepeda)


COMMENTS