Makin Kuning, Visma-Lease a Bike Target Terus Bikin Sejarah

Tim paling dominan di WorldTour 2023, Visma-Lease a Bike (dulu Jumbo-Visma) memperkenalkan tim dan seragam barunya untuk 2024. Tampil dengan corak makin kuning, tim berbendera Belanda ini terus pasang target tinggi. "Anda tentu mengharapkan ambisi tinggi dari kami. Kami ingin terus menciptakan sejarah olahraga", ucap Merijn Zeeman, direktur tim.

Secara umum, desain seragam Visma-Lease a Bike masih menggunakan kombinasi kuning dan hitam. Namun, corak kuningnya makin terasa dominan dan terang.

Selain itu, Visma melakukan sedikit perubahan suplier. Mereka berganti helm, dari Lazer ke Giro.

Corak itu akan menjadi target utama bagi tim-tim lain. Khususnya yang punya ambisi serupa seperti UAE Team Emirates, Ineos Grenadier, dan Bora-Hansgrohe.

Setelah menyapu bersih tiga grand tour pada 2023, tentu sangat berat bagi Visma untuk bisa mengulanginya tahun depan. Apalagi, mereka telah melepas salah satu climber andalan, Primoz Roglic, ke Bora. Ini salah satu buntut dari "kalkulasi ulang" anggaran tim, gara-gara masalah finansial yang dihadapi Jumbo, sponsor utama sebelumnya. Lease a Bike datang sebagai penyelamat. Mereka adalah penyedia kredit sepeda milik Pon Group, perusahaan holding pemilik Cervelo, Cannondale, dan Santa Cruz.

Sekarang, Visma tetap mengandalkan dua bintang yang masih relatif muda. Yakni Jonas Vingegaard yang sudah menang Tour de France dua kali, juga Sepp Kuss yang baru saja menang Vuelta a Espana. Keduanya baru saja diperpanjang kontraknya hingga 2028 dan 2027.

"Tim ini sudah seperti keluarga", kata Kuss, asal Amerika.

Sementara itu, pembalap serbabisa Wout van Aert tetap diandalkan untuk ajang-ajang yang bervariasi. Khususnya ajang classics seperti Tour of Flanders dan Paris-Roubaix, plus memburu kemenangan etape di arena grand tour.

Tahun depan, Van Aert akan ditugaskan mengobrak-abrik peloton di Giro d'Italia bersama Olav Kooij, sprinter muda sensasional Visma. Dengan penugasan Van Aert ini, tampaknya Visma mungkin agak "melepas" target juara general classification di grand tour pertama tersebut. Lebih fokus ke etape-etape dan sprint-nya.

Sebagai tambahan amunisi, Visma juga mengumumkan bergabungnya Matteo Jorgenson sebagai pembalap pendukung (dari Movistar). Plus mengakhiri spekulasi perseteruan kontrak dengan Bora-Hansgrohe, saat meneken climber muda Cian Uijtdebroeks.

Saat ini, nama Uijtdebroeks masih terdaftar di UCI bersama Bora. Namun tampaknya semua pihak sudah menemukan kesepakatan untuk 2024.

Selain mengumumkan tim laki-laki, Visma-Lease a Bike juga punya tim perempuan dan tim development. (mainsepeda)


COMMENTS