Vingegaard Naik ke Posisi kedua GC, Groves Pertahankan Jersey Hijau!


Vingegaard di 1.500 meter terakhir jelang finis

Raih kemenangan di etape ke-16 Vuelta a Espana, Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) naik ke posisi kedua general classification (GC). Vingegaard berhasil menjadi juara setelah berhasil menumbangkan perlawanan Finn Fisher-Black (UEA Team Emirates) dan Wout Poels (Bahrain-Victorious). Sementara, Kaden Groves (Alpecin-Deceuninck) sukses memperlebar jarak di klasemen sprinter dari Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) yang berada di peringkat kedua.

Setelah rest day, etape ke-16 dimulai dari Liencres Playa dan finis di Bejes dengan jarak 120,1 kilometer. Kondisi hujan deras menjadi tantangan bagi para pembalap di etape ke-16 ini. Kaden Groves (Alpecin-Deceuninck) dan Andreas Kron (Lotto-Dstny) menjadi yang pertama dalam melakukan serangan ketika balapan baru saja dimulai.

Ketika hujan berhenti, Groves dan Romain Gregoire (Groupama-FDJ) memimpin di depan dengan selisih waktu 48 detik dari peloton pemimpin. Peloton pemimpin kemudian terbentuk dengan Groves berada di depan diikuti Mattia Cattaneo (Soudal-QuickStep), Max Poole (DSM-Firmenich), Otto Vergaerde (Lidl-Trek) dan Lorenzo Germani (Groupama-FDJ).

Perebutan jersey hijau atau sprinter terjadi di 60 kilometer jelang garis finis. bersama Cattaneo, Poole, Julius van den Berg (EF Education-EasyPost), Joel Nicolau (Caja Rural-Seguros RGA), dan Nicolas Prodhomme (AG2R-Citroen) berusaha melakukan segalanya untuk bisa mengejar Groves dan meraih poin sebanyak mungkin demi bisa bersaing di klasemen sprinter.


Vingegaard ketika memimpin di 3,9 kilometer terakhir menuju Bejes

Jumbo-Visma kemudian mengambil alih posisi terdepan peloton pemimpin, Robert Gesink memimpin rekan setimnya untuk bisa berada di depan. Sprint Groves menuju Unquera membuatnya berhasil meraih poin dan memperlebar keunggulannya di klasemen sprinter menjadi 93 poin dari Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) yang berada di posisi kedua.

3,9 kilometer jelang garis finis, Vingegaard melakukan serangan untuk bisa keluar dari peloton. Kemenangan Vingegaard tak terelakkan, pembalap asal Denmark itu berhasil unggul hingga 43 detik dari Fisher-Black yang finis di posisi kedua serta unggul 49 detik dair Wout Poels yang finis di posisi ketiga. Kemenangan ini juga membuat Vingegaaard naik ke posisi kedua di klasemen GC.

“Saya senang bisa menang hari ini, sekarang saya hanya ingin menikmati momen kemenangan ini dan berusaha melakukan yang terbaik di setiap balapan,” ucap Vingegaard dilansir dari Cyclingnews.

Finis di posisi kesepuluh, Sepp Kuss masih bisa mempertahankan jersey merahnya. Ia kini memiliki selisih waktu 29 detik dari Vingegaard di posisi kedua dan Primoz Roglic di posisi ketiga dengan selisih waktu 1 menit 33 detik.

Ketika ditanya apakah ia akan merebut posisi pertama dari rekan setimnya, Vingegaard menjawab, “Saya tidak tahu, untuk saat ini saya tidak mau memikirkannya,” tutup Vingegaard.(Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS