Sprint Kaden Groves Kandaskan Upaya Sebastian Molano Juarai Etape 4

Etape 4 La Vuelta a Espana, Selasa 29 Agustus 2023, menjadi milik pembalap Alpecin-Deceuninck, Kaden Groves. Ia melakukan sprint setelah breakaway dan menyalip Juan Sebastian Molano (UEA Team Emirates) yang sempat memimpin balapan menjelang finis.

Etape 4 menyuguhkan jarak 184,6 km. Dari Andorra la Vella ke Tarragona. Rute itu punya dua tanjakan kategori tiga pada 60 km terakhir. Lagi-lagi insiden kecelakaan terjadi melibatkan peloton di 4 km tersisa.

Menjelang akhir, peloton berisi sekitar 50 pembalap dipimpin oleh Julius van den Berg (EF Education-Easypost). Diikuti di belakang ada Molano, dan Groves. 

Sialnya, Van den Berg menabrak pembatas di sebuah tikungan. Ia mengambil terlalu luar. Molano kemudian mengambil alih posisi depan. Ia mencoba sprint untuk meninggalkan lawannya. Tapi keluar dari tikungan terakhir, Groves melakukan sprint dan bisa mengambilalih posisi pertama sekaligus menjadi juara.

Groves finis di posisi pertama, diikuti Molano. Sementara Edward Theuns (Lidl-Trek) menempati posisi ketiga. Sementara Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) finis dengan aman di peloton untuk mempertahankan jersey merah sebagai pemimpin klasemen general classification (GC).

“Molano melakukan full attack dari bawah dengan jarak tersisa 350 meter. Saya beruntung cukup sabar dan cukup kuat untuk menutup jarak dengan jarak sekitar 100 meter,” kata Groves. Meskipun sempat di belakang, tapi Groves yakin bisa mengambil celah melewati Molano. 

Tak ada perubahan di puncak klasemen GC. Juara bertahan Remco Evenepoel yang menjadi juara etape ketiga masih memegang jersey merah. Ia unggul lima detik atas Enric Mas (Movistar).

Sementara Lenny Martinez (Groupama-FDJ) mempertahankan posisi ketiga, di depan pemenang Tour de France tahun ini, Jonas Vingegaard dari Jumbo-Visma.

Di luar balapan, empat orang ditangkap di Catalonia pada Senin (29/8), atas dugaan upaya sabotase di tahap ketiga. Kepolisian setempat mengatakan, keempatnya diperiksa dengan tuduhan menumpahkan sekitar 400 liter cairan mirip oli motor ke jalan.

Mereka memiliki dua drum masing-masing berkapasitas 200 liter dengan memasang perangkat aktivasi berkatup listrik dan pengatur waktu. Drum dan alat-alat itu disembunyikan di antara semak-semak di jembatan yang diperkirakan akan dilalui pengendara sepeda. Penyelidikan atas kasus ini masih berjalan.

Vuelta a Espana akan berlanjut di etape lima, Rabu 30 Agustus 2023. Etape lima menghadirkan rute berbukit sepanjang 186,5 km, dari Morella ke Burriana.(mainsepeda)

Hasil Etape 4 Vuelta a Espana 2023

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS