Gresik Criterium 2023, Rangkaian Road to Kemala dengan Peserta Terbanyak

Tuntas sudah perhelatan Gresik Criterium 2023, Minggu 6 Agustus 2023. Event yang menjadi rangkaian dari Road to Kemala 2023 itu sukses digelar dengan menghadirkan peserta terbanyak.

Tercatat ada 549 peserta yang ikut event dengan nama Road to Tour of Kemala Seri 3 Gresik Criterium 2023 itu. Sebelumnya, saat digelar di kota lain, pesertanya tidak lebih dari 260 pembalap.

Kabupaten Gresik menjadi kota ketiga dari total empat kota yang mendapatkan kehormatan dalam agenda Road to Tour of Kemala 2023. Sebelumnya acara serupa telah digelar di Karawang (11 Juni 2023) dan Karanganyar (29 Juli 2023).

Setelah dari Gresik, rangkaian acara akan berlanjut di Lampung, 10 September 2023 mendatang. Puncak dari Road to Tour of Kemala akan dilangsungkan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

"Terima kasih untuk Mainsepeda dan berbagai komunitas di Jawa Timur yang turut menyukseskan acara ini. Jumlah peserta jauh melebihi dari target kami," ujar Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom.

Sebelumnya, Adhitya beserta jajarannya memang sempat berkoordinasi dengan founder Mainsepeda Azrul Ananda terkait pelaksanaan acara ini. Adhitya meminta sejumlah masukan sekaligus dukungan dari Azrul dan tim Mainsepeda.

Road to Tour of Kemala Seri 3 Gresik Criterium 2023 mengambil start dan finis di Jalan Kartini, Gresik, Jawa Timur. 

Ratusan pembalap tidak hanya datang dari Jawa Timur, tapi juga ada dari luar provinsi. Panitia memberikan sejumlah layanan khusus bagi peserta dari luar Surabaya dan Gresik. Di antaranya penginapan gratis untuk mereka yang datang dari jauh. Hal ini yang membuat antusiasme peserta dari luar Gresik dan Surabaya cukup banyak.

Adhitya mengatakan, Road to Tour of Kemala Seri 3 Gresik Criterium 2023 dihelat salah satunya untuk mencari bibit-bibit baru atlet balap sepeda. Karena itu ada sejumlah kelas yang mewadahi para pembalap muda.

Road to Tour of Kemala Seri 3 Gresik Criterium 2023 menghadirkan beberapa kelas. Yakni Man Elite, Man prayouth, Man youth, Man junior, Man open, Man Master A, Man Master B, Man master C, Woman elite, Woman junior dan Woman open.

Kategori Man Elite dimenangkan oleh Jamalidin Novardianto dari Dr.J Cycling Team. Dalam 10 lap yang dilombakan, Jamalidin mencatatkan waktu 37:13.987. Disusul berikutnya ada Agung Ali Sahbana (37:14.403), dan Dika Alif Dhentaka (37:21.028).

Sementara itu di kategori Women Elite, juara direbut oleh Wiji Lestari dari SCID Racing Team x Polres Blitar. Dalam 6 lap yang dilombakan, Wiji membukukan catatan waktu 26:30.578.

Di posisi tiga besar Women Elite lainnya ada Liontin Evangelina Setiawan (26:30.578) dan Anindya Pinasih Widodo (26:30.578). Adhitya mengatakan, dari Seri 3 Gresik ini akan diambil tiga besar. Para pembalap di tiga besar itu berhak maju ke Banyuwangi.(Mainsepeda)


COMMENTS