Hasil Etape-20: Pelipur Lara Pogacar, Vingegaard Menuju Juara Tour de France


Selebrasi Pogacar di garis finis etape ke-20 TdF 2023.

Setelah tampil buruk di etape sebeleumnya, Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) sukses memenangkan etape pegunungan terakhir Tour de France 2023. Sementara itu Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) yang finis di belakang Pogacar, hampir bisa dipastikan mengunci gelar Tour de France 2023.

Etape ke-20 TdF 2023, start dari Belfort dan finis di Le Markstein dengan jarak 133 km. Thibaut Pinot (Groupama-FDJ) awalnya memimpin balapan hampir sepanjang etape. Ia begitu termotivasi tampil di hadapan pendukungnya.

Kemudian peloton yang terdiri dari lima pembalap, termasuk Pogacar di dalamnya, berhasil menangkap Pinot di tanjakan terakhir.

Sejak awal, Pogacar memang bertekad memperbaiki penampilan buruknya di beberapa etape terakhir. Ia mencoba memperkecil jarak dengan Vingegaard di puncak klasemen general classification (GC).

Pogacar berhasil merebut posisi pertama di tikungan terakhir menuju finis. Ia kemudian sprint meraih kemenangan di etape pegunungan terakhir TdF 2023.

Pogacar bertekad "balas dendam" setelah menderita di pegunungan Alpen. Serta kalah tujuh menit dari Vingegaard. Pogacar tampak begitu ngepush ketika coba menyusul rival-rival besarnya di tikungan terakhir. Dan ia berhasil, kemudian melaju menuju garis finis merayakan kemenangannya.

Felix Gall (AG2R-Citroen) berada di urutan kedua, Vingegaard di urutan ketiga, dan Simon Yates (Jayco AlUla) di urutan keempat.


Vingegaard ketika merayakan podium TdF 2023 dengan jersey kuningnya.

Tak ada perubahan berarti di klasemen GC. Vingegaard memimpin di depan Pogacar dengan selisih 7 menit 29 detik. Lalu Adam Yates di urutan ketiga dengan selisih waktu 10 menit 56 detik.

Sementara di posisi keempat, Simon Yates berhasil merebut posisi Carlos Rodriguez (Ineos Grenadiers) yang harus turun ke posisi kelima.

Kemenangan ini membuat Pogacar sedikit tersenyum di garis finis meskipun tetap gagal meraih kemenangan GC sekaligus merebut jersey kuning dari Vingegaard.

“Saya akhirnya kembali ke performa saya seharusnya. Saya sangat senang karena bisa finis di posisi pertama. Saya rasa ini adalah kemenangan terbaik saya di Tour de France musim ini,” ujar Pogacar dilansir dari Cyclingnews.

Baca Juga: Etape ke-20 dan Kuncian Gelar Juara Tour de France 2023 Jonas Vingegaard

Sementara itu, Vingegaard nampak sangat menikmati pertarungan dengan Pogacar di etape pegunungan terakhir di Tour de France.

Meskipun hanya finis di posisi ketiga, Vingegaard sudah hampir bisa dipastikan akan menjadi juara Tour de France 2023. Sebab balapan hanya menyisakan satu etape terakhir menuju Paris.

“Saya menikmati pertarungan dengan Pogacar selama tiga minggu terakhir. Ia adalah pria yang sangat hebat. Semoga di masa depan kami juga bisa terus bertarung seperti ini,” ujar Vingegaard.

Vingegaard mengatakan, apa yang ia raih di Tour de France 2023 mustahil tanpa bantuan teman-temannya di Jumbo-Visma. "Mereka telah bekerja dengan baik sepanjang balapan. Etape terakhir di Paris besok akan sangat menyenangkan tentunya,” tutup pembalap asal Denmark itu.(Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS