Recovery Ride Ijen: Gowes Keliling Kota, Diakhiri Pelepasan Tukik di Pantai Boom

Jangan buru-buru meninggalkkan Banyuwangi selepas event EJ Sport Banyuwangi Bluefire Ijen KOM Challenge 2023, 29 Juli nanti. Sebab, panitia kembali menyiapkan recovery ride, Minggu 30 Juli 2023.

Peserta akan diajak gowes santai sejauh 19,3 km. Menikmati suasana Kabupaten Banyuwangi. Menariknya, recovery ride diakhiri dengan pelepasan tukik di Pantai Boom.

Recovery ride Ijen KOM akan start di Pendopo Sabha Swagata pada pukul 06:00 WIB. Peserta akan dikawal oleh patwal. Dari pendopo lurus 800 meter ke arah selatan menuju ke pertigaan Tugu Pejuang. Tugu ini dibuat untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan. Terutama yang berjuang di tanah Blambangan.

Di sekitar tugu ini peserta akan melihat berbagai bangunan tua yang masih terawat hingga sekarang. Suasananya seakan membawa peserta ke tempo dulu.

Setelah itu peserta bergerak menuju Taman Blambangan. Lalu belok kiri melewati Gedung Wanita. Peserta kemudian dibawa menuju Jalan Sayur Wiwit.

Perjalanan berlanjut sejauh 400 meter, lalu belok kiri ke Jalan Jenderal DI Panjaitan. Setelah belok kiri, dilanjutkan perjalanan sejauh 300 meter hingga perempatan. Lalu belok kanan ke Jalan Basuki Rachmat.

Dari Jalan Basuki Rahmat terus ke utara sejauh 1,5 km hingga mengarah ke Jalan Argopuro- Jalan Raden Wijaya-Tugu Patung Kuda. Monumen ini dibangun untuk mengenang sejarah berdirinya Banyuwangi, yang asal muasalnya dari Kerajaan Blambangan.

Sampai Tugu Patung Kuda, peserta belok kiri kearah Jalan Laksamana Muda Adi Sucipto, kembali Taman Blambangan dan menuju ke Pantai Boom.

Di Pantai Boom peserta tidak hanya menikmati pemandangan, tapi juga diajak melakukan pelepasan tukik atau anak penyu.

Diharapkan finis recovery ride ini meninggalkan pesan bagi para peserta. Sebab mereka mendapatkan pengalaman baru sekaligus diajak turut ambil bagian dalam konservasi penyu di Banyuwangi.(Mainsepeda)


COMMENTS