Menangi Etape 11, Jasper Philipsen Catatkan Quattrick di Tour de France 2023


Selebrasi Philipsen di garis finis etape ke-11 Tour de France

Jasper Philipsen (Alpecin-Deceuninck) sukses meraih quattrick Tour de France 2024. Pembalap asal Belgia itu berhasil menang melalui solo sprint di akhir etape dan menunjukkan dominasinya sebagai sprinter terbaik Tour de France sejauh ini pada etape ke 11 yang finis di Moulins.

Etape ke-11 Tour de France start dari Clemont-Ferrand dan finis di Moulins danegan jarak 179,8 km. Etape ke-11 yang didominasi rute tikungan di kilometer terakhir membuat pembalap harus pandai memanfaatkan celah dan mengatur strategi sebaik mungkin.

Philipsen sempat terkurung di peloton pemimpin dengan Dylan Groenewegen (Jayco AlUla) yang memimpin balapan. 150 meter terakhir menjadi penentu balapan ketika Philipsen melakukan serangan pada Groenewegen. Philipsen kemudian berhasil memanfaatkan celah yang ada untuk meraih kemenangan keempatnya di Tour de France 2023.

Groenewegen finis di urutan kedua. Diikuti Phil Bauhaus (Bahrain-Victorious) yang berada di urutan ketiga. Bagi Bauhaus, ini merupakan ketiga kalinya ia berhasil finis di tiga besar pada debutnya di Tour de France musim ini. Setelah finis di posisi kedua pada etape ke-3 dan finis urutan ketiga pada etape ke-4.

Ada yang berbeda pada kemenangan Philipsen di etape ke-11 kali ini. Jika di tiga kemenangan sebelumnya ia selalu didampingi oleh duetnya Mathieu van der Poel (MVDP). Kali ini ia harus berjuang sendirian di garis depan. Sebab MVDP sedang dalam kondisi sakit dan kurang fit. MVDP harus menghemat tenaganya untuk bisa melanjutkan balapannya di Tour de France hingga finis di Paris.


Kemelut di beberapa meter jelang finis etape ke-11 Tour de France

“Rasanya saya sangat senang dan bangga dengan performa saya hari ini, apalagi saya berhasil menang empat kali sejauh ini, jadi saya sangat senang,” kata Philipsen dilansir dari Cyclingnews.

“Saya bisa menang tanpa Van der Poel, tentu saja kehadirannya akan membuat lebih mudah. Saya harus berjuang sendiri untuk bisa menemukan celah, saya melihat Groenewegen melakukan serangan lebih awal, kemudian saya bisa menemukan celah dan melewatinya,” ujarnya.

Kemenangan ini juga membuat pembalap asal Belgia itu berhasil memperlebar poin untuk perebutan jersey hijau. Philipsen saat ini berhasil mengumpulkan 323 poin dengan pesaing terdekatnya di posisi kedua Bryan Coquard (Cofidis). Sejauh ini hanya mengumpulkan 178 poin.

“Sejauh ini saya berhasil memenangkan empat etape dan semoga saya bisa mempertahankan jersey hijau ini hingga Paris nanti. Saya rasa saat ini saya telah membuat jarak yang bagus dan ini memberi saya rasa nyaman untuk balapan di pegunungan Alpen nanti,” tutup pembalap asal Belgia itu.(mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com

 


COMMENTS