Dukung Penuh Ijen KOM, Pemkab Banyuwangi Pastikan Kondisi Jalan Mulus

Dukungan penuh ditunjukkan Pemkab Banyuwangi dalam penyelenggaraan event sepeda Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023. Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyuwangi selama sepekan terakhir melakukan perbaikan jalan yang menjadi rute event, yang berlangsung pada 29 Juli 2023 itu.

Salah satu akses yang menjadi perhatian Dinas PU adalah rute nanjak menuju Paltuding di kawasan Gunung Ijen. Beberapa aspal di kawasan tersebut sebelumnya ada yang terkelupas. Menurut Dinas PU, jalanan rusak di Paltuding diduga karena drainase air yang kurang baik. Serta akses itu sering dilalui kendaraan besar.

“Kerusakan jalan menuju Ijen tidak sampai sepuluh persen. Jalanan berlubang, namun masih bisa ditangani,” kata Ebta Adharisandi, Kabid Bina Marga Dinas PU Pemkab Banyuwangi.

Menurut Ebta, jalanan berlubang paling banyak di kilometer sembilan. Perbaikan jalan itu sudah berjalan seminggu terakhir. Ditargetkan tuntas sebelum berlangsungnya event.

“Kendala utama kami adalah cuaca yang tidak menentu. Tidak mungkin kami melakukan pengaspalan ketika kondisi hujan,” kata Ebta.

Proses perbaikan jalan sendiri menggunakan penambalan dengan aspal hotmix. Hal itu dipilih karena proses pengerjaan paling cepat dan memiliki keunggulan salah satunya daya tahannya paling kuat terhadap berbagai macam suhu.

Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM 2023 adalah event kedua yang masuk dalam rangkaian Trilogi Jatim. Sebagaimana diketahui, Trilogi Jatim digelar sejak 2022 lalu. Ada tiga event yang masuk dalam rangkaian Trilogi Jatim, yakni Bromo KOM Challenge, Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge, dan Kediri Dholo KOM Challenge.

Top ten finisher berhak mendapatkan poin. Juara pertama mendapatkan 20 poin. Kemudian runner-up memperoleh 15 poin. Delapan finisher berikutnya masing-masing memperoleh 12, 10, 8, 6, 4, 3, 2, dan 1 poin.

Tahun ini Mainsepeda juga menerapkan aturan baru yang bisa membuat para peserta konsisten berkompetisi di Trilogi Jatim. Dalam aturan baru itu, cyclist yang turun di semua event Trilogi Jatim akan mendapatkan bonus 20 poin di klasemen akhir.

Trilogi Jatim 2023 sudah diawali dengan Antangin Bromo KOM Challenge 2023 (27 Mei). Lalu dilanjutkan dengan Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023 (29 Juli), dan Kediri Dholo KOM Challenge 2023 (24 September).

Dengan adanya tambahan 20 poin di akhir itu memungkinkan para peserta yang belum maksimal di Antangin Bromo KOM Challenge tetap bisa mengejar menjadi juara Trilogi Jatim. Baik kategori elite, maupun kelompok umur. Asal mereka sejak sekarang sudah mengamankan slot dan memastikan turun di Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge dan Kediri Dholo KOM Challenge.

Pendaftaran Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023 dibuka Senin 26 Juni - 15 Juli 2023. Ada paket bundling dengan harga menarik jika peserta langsung mendaftar Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023 dan Kediri Dholo KOM Challenge 2023. Harga satu event sendiri Rp 1.250.000. Sedangkan kalau mendaftar langsung dua, Ijen dan Dholo, maka peserta cukup membayar Rp 1,8 juta. Hemat Rp 700 ribu. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Defi melalui nomor 0812-2280-8035.(mainsepeda)


COMMENTS