Kalahkan Saudara Kembarnya, Adam Yates Rebut Juara Etape 1 Tour de France 2023

Ada yang menarik dari pertarungan di etape 1 Tour de France 2023, Sabtu 1 Juli 2023 waktu setempat. Pembalap kembar yang memperkuat tim berbeda Adam Yates (UAE Team Emirates) dan Simon Yates (Jayco-Alula) saling bersaing menjelang finis untuk memperebutkan gelar etape 1. Tapi jersey kuning akhirnya didapat Adam setelah berhasil melarikan diri dari Simon.

Adam dan Simon berhasil melepaskan diri dari peloton setelah melewati pendakian Côte de Pike. Pembalap kembar ini sempat menahan peloton berisikan 13 pembalap di 9 km akhir. Sebelum akhirnya Adam Yates melepaskan diri dari Simon di trek terakhir menuju garis finis. Adam pun berhasil finis pertama dengan keunggulan 4 detik dari Simon.

Menariknya, pembalap kembar ini belum pernah bertemu sebagai lawan di Grand Tour. Mereka pernah turun bersama dalam satu tim saat masih membela Mitchelton-Scott di Tour de France 2019.

Adam kemudian pindah ke Ineos Grenadiers, dan tahun ini ke UEA Team Emirates. Sejak saat itu Adam dan Simon belum pernah berhadapan sebagai lawan baik di Giro d'Italia, Tour de France, maupun Vuelta Espana. Hingga akhirnya mereka akhirnya saling bertemu dan bersaing di etape 1 Tour de France, yang berjarak 182 km itu.


Simon Yates (depan) saat menghadapi saudara kembarnya Adam Yates.

Sementara itu, leader UAE Team Emirates yang tampil dalam kondisi belum 100 persen, Tadej Pogacar berhasil finis posisi ketiga. Terpaut 12 detik dari Adam Yates.

"Kami di sini untuk Tadej. Dia telah menunjukkan bahwa dia yang terbaik di dunia. Dalam beberapa minggu ke depan, saya yakin dia akan menunjukkan kemampuan terbaiknya," kata Adam Yates mengomentari kemenangannya.

Sebelum perlombaan, manajer UAE Team Emirate Mauro Gianetti memang menyatakan Yates akan memulai sebagai co-leader. Itu karena ketidakpastian tentang kebugaran Pogacar setelah dia patah pergelangan tangan di Liège-Bastogne-Liège. 

Persaingan dua pembalap unggulan Pogacar dan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) terjadi di etape 1. Pogacar dan Vingegaard berada di barisan terdepan, sebelum para pembalap UEA Team Emirates berhasil membendung peloton di tanjakan Pike. Hanya Vingegaard dan Victory Lafay (Cofidis) yang mampu mengimbangi tempo Adam Yates dan Pogacar.


Tadej Pogacar (depan) dan pesaingnya Jonas Vingegaard.

Etape 1 sendiri sudah menyuguhkan insiden kecelakaan yang membuat pembalap harus keluar dari Tour de France. Itu terjadi ketika Richard Carapaz (EF Education-EasyPost) jatuh di turunan dan bertabrakan dengan Enric Mas (Movistar).

Carapaz bisa melanjutkan perlombaan dengan merelakan lebih dari seperempat jam. Sementara Enric Mas menjadi pembalap pertama yang meninggalkan Tour de France.(mainsepeda)

Hasil Etape 1 Tour de France 2023

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS