Tadej Pogacar Belum 100 Persen, Egan Bernal Comeback di Tour de France


Tadej Pogacar (kiri) dan Egan Bernal.

Seluruh tim balap sepeda sudah mengumumkan line-up lengkapnya untuk Tour de France. Salah satu yang banyak ditunggu adalah tim-tim unggulan seperti UAE Team Emirates, Ineos, maupun Jumbo Visma. Di antaranya pengumuman line-up itu, kabar soal Tadej Pogacar paling menyita perhatian.

Itu karena Pogacar datang ke Tour de France 2023 tidak dalam kondisi 100 persen setelah ia kecelakaan di Liege-Bastogne-Liege pada April lalu. Ia memang sudah mengikuti camp pelatihan, bahkan turun di balapan time trial dan road race di Kejuaraan Slovenia. Ia adalah penampilan kompetitif pertamanya sejak patah pergelangan tangannya di Liege-Bastogne-Liege.

UAE Team Emirates tetap menyiapkan Pogacar sebagai pemimpin. Bahkan, tim ingin ia merebut kembali gelar juara Tour de France setelah tahun lalu direbut Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma). 

Tadej Pogacar bakal didampingi Adam Yates dan Rafal Majka. Hadir juga wajah baru, Felix Großschartner. Sementara Brandon McNulty, yang turun di di Giro d'Italia musim ini juga ada dalam line-up. Mikkel Bjerg, Matteo Trentin, Vegard Stake Laengen, dan Marc Soler melengkapi line-up UAE Team Emirates.

George Bennett, yang mengalami kecelakaan di Tour de Suisse, absen. Pun demikian dengan Marc Hirschi yang baru saja menjadi juara Swiss dan Tim Wellens yang cedera juga absen. Sementara Juan Ayuso, yang finis kedua di Tour de Suisse, juga tidak dibawa ke Tour de France. Pembalap muda itu disiapkan untuk Vuelta a España. 

Pogacar sebelum berangkat ke Grand Depart Tour de France 2023 sempat melakukan pemindaian pergelangan tangannya, Senin 26 Juni 2023. Meskipun berhasil meraih positif di Slovenia, tapi pembalap 24 tahun itu merasa kondisinya belum pulih 100 persen.

“Pergelangan tanganku belum sepenuhnya bisa bergerak, jadi masih terasa sakit sedikit saat melewati jalan yang bergelombang. Belum 100 persen, tapi harus saya katakan bahwa kondisi fisik saya cukup baik,” kata Pogacar.

Pogacar sendiri mengakui juara bertahan Jonas Vingegaard tetap layak paling diunggulkan. “Jonas seharusnya menjadi favorit pertama. Sebab dia sangat dominan di Dauphine (Criterium Dauphine), dan saya datang dari cedera,” kata Pogacar.

Meski belum sepenuhnya pulih tapi Pogacar tetap percaya diri. Ia yakin kekuatan timnya bisa membantunya merebut target juara. 

Setelah memenangkan Tour de France edisi 2020 dan 2021, Pogacar menyerahkan mahkotanya kepada Vingegaard musim panas lalu. Pertarungan keduanya diprediksi tetap akan menarik.

Vingegaard memang mendominasi Criterium du Dauphine. Ia adalah penampilan terakhirnya sebelum Tour de France. Tapi yang perlu dicatat di event itu, rekan setim Pogacar, Adam Yates sukses memberikan perlawanan berarti dengan menempati posisi kedua di akhir klasemen.

Tahun lalu UAE Team Emirates mengalami nasib buruk di Tour de France. Pembalapnya banyak yang terpapar Covid-19 sehingga mereka hanya bisa menurunkan empat pembalap di seminggu terakhir balapan.

Sementara itu, Tour de France 2023 menjadi ajang comeback Egan Bernal. Ia akan tampil bersama Tom Pidcock untuk Ineos Grenadiers. Bernal sebelumnya sempat absen tiga edisi Tour de France. Terakhir kali ia turun di tur pada 2020.

Bernal melewatkan sebagian besar musim 2022 setelah menderita cedera yang mengancam jiwa pasca kecelakaan saat latihan di Bogota. Ia memulai musim 2023 juga dengan cedera lutut di Vuelta a San Juan, Januari lalu. Apes, Bernal juga jatuh di Tour of Hungary. Namun ia mengonfirmasi kebugarannya untuk Tur kali ini. Ia juga telah membuktikan bisa finis ke-12 di Criterium du Dauphine.

"Kembali ke Tour selalu menjadi tujuan utama bagi saya. Saya sangat bersemangat bisa merasakan setiap kilometer balapan ini lagi," kata Bernal.

Bernal menjadi pemenang pembalap pertama asal Kolombia yang berhasil meraih juara Tour de France edisi 2019. Tapi ia terpaksa mundur dari edisi tahun berikutnya karena cedera punggung.

“Balapan ini (Tour de France) juga merupakan kesempatan bagi saya untuk menunjukkan rasa terima kasih dan komitmen saya kepada tim yang terus mendukung saya selama ini, untuk berterima kasih kepada setiap orang yang telah membantu saya, mulai dari perawat yang merawat saya di rumah sakit, dokter-dokter, teman-teman, keluarga, rekan satu tim dan Ineos,” kata Bernal.(mainsepeda)

Line-up lengkap tim-tim yang turun di Tour de France 2023

Data powered by FirstCycling.com


COMMENTS